5 Cara Meningkatkan Stamina Selama Touring Motor

Monday, 24 June 2019

Menjelajahi berbagai tempat baru menggunakan motor atau yang lebih dikenal dengan sebutan touring memang hal yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan beramai-ramai. Kegiatan ini tentunya bisa menjadi pilihan tepat untuk melepas penat akibat pekerjaan yang tidak ada habisnya. touring biasanya membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa seharian penuh atau lebih tergantung rute yang dipilih.

Sama halnya dengan aktivitas luar ruangan seperti mendaki gunung, touring juga menuntut persiapan fisik yang memadai, sehingga butuh persiapan khusus untuk menghadapinya. Oleh karena itu, untuk kamu yang berencana untuk berpetualang dengan motor kesayangan, simak beberapa cara meningkatkan stamina agar tetap bertenaga selama touring berikut ini.

Latihan fisik

Hal utama yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan stamina adalah melatih kesiapan fisik jauh sebelum kegiatan touring berlangsung. Luangkan waktu setidaknya 1-2 jam setiap harinya untuk melakukan serangkaian gerakan olahraga mulai dari lari, push up, sit up, jumping jack, dan berbagai gerakan lain yang sangat baik untuk melatih kekuatan otot jantung. Percaya deh, meski akan terasa berat di awal, namun kamu pasti akan terbiasa jika dilakukan secara terus-menerus. Dengan begini, kamu pun tidak akan mudah merasa lelah saat harus berkendara jarak jauh ditambah dengan terpaan angin serta cuaca yang tidak menentu.

Hindari begadang

Hal kedua yang juga tak kalah pentingnya adalah istirahat yang cukup, yaitu tidur selama 8 jam setiap malam, sehingga kamu akan kembali merasa segar saat bangun tidur dan bersemangat untuk kembali beraktivitas. Tak hanya mengistirahatkan otot, tidur cukup setiap malam juga mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit. Hindari bermain sampai malam dan begadang terutama menjelang touring, apalagi untuk hal-hal yang kurang penting. Jangan sampai kondisi badan yang menurun membuatmu harus menunda rencana menyenangkanmu ini.

Cek Kondisi Motor

Tak hanya tubuh, penting juga untuk mempersiapkan kondisi motor kamu agar selalu berada dalam kondisi prima, karena hal ini juga nantinya akan berpengaruh pada mood saat touring. Kamu tidak ingin kan perjalanan jadi kurang menyenangkan hanya karena kendaraan mogok di tengah jalan? Oleh karena itu, lakukan servis kendaraan secara berkala, pelajari seluk-beluknya, dan tidak lupa untuk menyiapkan suku cadang guna berjaga-jaga siapa tahu dibutuhkan nantinya.

Mempersiapkan persediaan snack

Berkendara jarak jauh tentunya butuh tenaga yang memadai. Tak cukup hanya dengan makan makanan bergizi dan mengenyangkan, kamu juga bisa mempersiapkan snack ringan seperti cokelat atau energy bar yang bisa kamu simpan dalam tas kamu. Saat lapar menyerang, kamu bisa langsung menikmatinya di tengah perjalanan, deh. Namun ingat, jangan makan sambil mengendarai motormu, ya.

Memakai Pakaian yang Aman dan Nyaman

Kemanapun tujuannya, tetap usahakan untuk selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara. Caranya adalah dengan menggunakan perlengkapan seperti helm, jaket, sepatu, , kacamata, dan tentunya pakaian yang nyaman. Apalagi saat malam hari di mana kamu akan berhadapan dengan angin malam yang kurang baik untuk tubuh.

Tidak Memaksakan Diri

Pelan tapi pasti. Ingatlah bahwa tujuan utama touring kamu bersama teman-teman adalah untuk mencoba suasana baru sekaligus menyegarkan pikiran dengan tetap mengutamakan keselamatan serta kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan saat badan mulai terasa lelah. Ada baiknya untuk membuat perencanaan dari awal mengenai kapan saatnya untuk beristirahat..

Mempersiapkan Vitamin dan Obat-obatan Pribadi

Tak cukup dengan makanan bernutrisi, snack sehat, dan istirahat cukup, dukung juga perjalanan touring kamu dengan membawa perbekalan obat-obatan pribadi, vitamin, dan suplemen tambahan seperti hemaviton Action untuk menambah stamina agar perjalanan berlangsung lancar dan menyenangkan. Ditambah lagi kombinasi Ginseng Extract, Creatine, Multivitamin dan Mineral penting di dalamnya yang mampu membantu metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi dan kesegaran sehingga tubuh tetap fit dan percaya diri sepanjang hari.

Mau bikin touring jadi lebih menyenangkan? Minum 1 kapsul hemaviton Action tiap hari solusinya!