Trik Menjaga Tubuh Saat Beristirahat

Thursday, 20 November 2014

Banyak orang yang mengeluhkan badan lemas dan loyo padahal sudah tidur cukup bahkan lebih dari 7 jam perhari. Ada beberapa alasan yang bisa menjawab kondisi seperti ini lho. Salah satunya adalah tidurmu termasuk tidak berkualitas. Apakah kamu juga merasakan hal seperti ini? Coba beberapa tips berikut ini yuk, agar tidurmu lebih berkualitas.

Jadwalkan
Sebaiknya jadwalkan waktu tidur yang pas untukmu setiap harinya. Apakah kamu ingin berangkat tidur pukul 9 malam atau 10 malam. Tentukan waktunya agar bisa tidur dengan tenang setelah semua kerjaan selesai.

Konsisten
Setelah membuat jadwal untuk berisitirahat, kamu juga harus mematuhi jadwal yang dibuat tadi. Konsistenlah pada jadwal agar body alarm-mu semakin terasah. Konsisten juga saat weekend, jangan karena sedang libur kemudian bangun siang. Hal ini akan membuat tubuhmu bingung.

Meditasi
Sebelum tidur, lakukanlah meditasi atau yoga untuk mengatur pernapasan. Pengaturan napas ini akan membawa ketenangan pada pikiran dan otak. Kamu akan bisa tidur dengan nyenyak tanpa perlu meminum obat tidur.

No Food!
Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan 1-2 jam sebelum tidur, baik itu makanan berat atau cemilan. Makanan yang diproses oleh saluran pencernaan akan membuat perutmu tidak nyaman, dan berakibat mengganggu tidurmu.

Air Air Air
Sebelum tidur usahakan untuk meminum segelas air. Biasanya air yang diminum sesaat sebelum tidur akan membangunkanmu di pagi hari karena merasa ingin pipis. Kemudian, minumlah segelas air saat bangun tidur untuk memberikan kesegaran pada tubuhmu yang mengantuk.

Semoga bermanfaat!