Cara Menjaga Stamina Agar Tetap Sehat dan Produktif di Lingkungan Kerja yang Sibuk

Thursday, 09 November 2023

Kehidupan lingkungan kerja yang sibuk merupakan tantangan besar yang harus dihadapi oleh pekerja kantoran. Rangkaian meeting tiada henti, pekerjaan yang menumpuk, antrian brief yang harus dikerjakan, diskusi dalam tim, hingga rekan kerja yang selalu mendatangi kita untuk bertanya seputar pekerjaan bisa menjadi pemicu menurunnya stamina dan konsentrasi.

 

Cara menjaga stamina di lingkungan kerja yang sibuk

Namun tak perlu khawatir, dengan menerapkan beberapa strategi cerdas, kita dapat menjaga stamina dan konsentrasi untuk bisa berperforma tinggi. Jika kamu termasuk salah seorang pekerja kantoran dengan beban kerja yang cukup padat, berikut ini beberapa cara menjaga stamina dan konsentrasi yang bisa diterapkan agar kesehatan dan produktivitas kerja tetap terjaga.

 

1. Meningkatkan mood

Mood dan stamina memiliki kaitan erat dalam pengaruhnya terhadap kesejahteraan dan performa seseorang. Kedua faktor ini saling memengaruhi satu sama lain dan dapat membentuk siklus yang kompleks. Mood yang baik dapat merangsang pelepasan endorfin atau hormon kebahagiaan dan memberikan perasaan positif, sehingga stamina tak mudah terkuras saat bekerja. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mood antara lain:

  • Menyalakan lagu dan siapkan playlist musik favorit selama berada di kantor. Selain meningkatkan semangat kerja, penggunaan headphone atau earbuds juga bisa menjadi penanda bahwa seseorang sedang sibuk dan tidak ingin diganggu oleh orang lain karena membutuhkan konsentrasi penuh saat bekerja. Dengan begini, kamu bisa bekerja tanpa gangguan.
  • Jika kamu memiliki meja kubikel sendiri di rumah, maka tak ada salahnya untuk memberikan sedikit sentuhan tanaman hias di meja kerja. Pilihan tanaman hias yang paling cocok adalah succulents atau kaktus mini yang tidak memerlukan perawatan terlalu rumit. Pilih jenis kaktus mini favorit kamu untuk membuat meja kerja nampak indah, sehingga mood selama bekerja tetap terjaga.

 

2. Atur prioritas dalam mengerjakan tugas

Manajemen waktu yang baik sangat penting. Tentukan prioritas pekerjaan dan delegasikan tugas jika memungkinkan. Cara ini membantu mengurangi tekanan dan memungkinkan kamu untuk fokus pada hal-hal yang benar-benar penting. Hal ini jugalah yang dapat membantu mencegah stamina terkuras secara berlebihan saat menyelesaikan berbagai pekerjaan di kantor.

 

3. Memerhatikan pola makan

Perhatikan pola makan dengan baik. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap harinya, termasuk saat berada di kantor. Hindari jajan sembarangan atau makan makanan cepat saji hanya untuk membuat perut terasa kenyang. Bila perlu, bawa bekal dari rumah yang sudah terjamin kesehatan dan kebersihannya, seperti buah-buahan, sayuran, protein, dan karbohidrat kompleks.

 

4. Menerapkan gaya hidup sehat

Cara menjaga stamina pekerja kantoran selanjutnya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, baik di rumah maupun di kantor seperti:

  • Pola tidur yang baik, yaitu dengan tidur tujuh sampai delapan jam setiap malam. Buat jadwal tidur yang konsisten, hindari begadang, dan ciptakan lingkungan tidur yang nyaman.
  • Meskipun sibuk, istirahat singkat dapat memberikan dorongan energi yang dibutuhkan. Pisahkan waktu singkat untuk berjalan-jalan, melakukan pernapasan dalam-dalam, atau sekadar melepaskan pandangan dari layar komputer untuk meredakan stres.
  • Peregangan dan latihan ringan dapat membantu mengurangi kekakuan otot dan meningkatkan aliran darah. Sempatkan waktu untuk peregangan singkat atau berjalan-jalan di sekitar kantor untuk menjaga kelenturan tubuh.
  • Dehidrasi dapat menyebabkan penurunan energi. Oleh karena, itu pastikan untuk minum air secara teratur sepanjang hari. Hindari terlalu banyak minuman berkafein dan alkohol, yang dapat mempengaruhi kualitas tidur.
  • Stres dapat merugikan kesehatan dan produktivitas. Temukan cara untuk mengelola stres seperti meditasi, yoga, atau hobi yang menyenangkan di luar jam kerja.

 

5. Lengkapi dengan asupan suplemen, bila perlu

Selain makanan bergizi seimbang dan gaya hidup sehat, agar lebih optimal menjaga stamina bagi pekerja kantoran dengan lingkungan kerja yang sibuk adalah dengan minum suplemen tambahan hemaviton Stamina Plus dua kali sehari, yaitu setelah sarapan atau sebelum mulai beraktivitas di pagi hari dan juga di sore harinya secara rutin. hemaviton Stamina Plus dengan Advanced Fit Formula bantu jaga stamina fit dan konsentrasi sepanjang hari, dengan kandungan:

 

  • Buffered Vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan Buffered Vitamin C yang terdapat dalam hemaviton Stamina Plus bersifat lebih tidak asam, sehingga lebih nyaman di lambung.
  • Kandungan Ginseng Extract, L-Glutamic Acid serta Folic Acid untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta menjaga stamina dan kesegaran tubuh serta membantu mengatasi kelelahan fisik dan mental.
  • Dilengkapi juga dengan Vitamin A, Vitamin E dan Zinc yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang bisa menimbulkan beragam penyakit.

 

Artikel Lainnya: Yuk, Simak Cara Tingkatkan Stamina dan Konsentrasi Saat Pekerjaan Menumpuk