Tangan Sering Kesemutan? Ini Cara Mengatasinya!

Wednesday, 08 July 2020

Tangan nyeri dan ksemutan seringkali dianggap wajar. Padahal jika sering berulang,masalah ini dapat menghambat aktivitas kamu. Nah, bagaimana cara mengatasinya? Simak tips berikut ini!

  1. Mengubah posisi tubuh
    Ada banyak aktivitas ataupun kebiasaan yang tanpa sadar dapat membuat saraf di bagian tangan tertekan. Misalnya menulis, mengetik, membawa barang berat, atau tertindih sewaktu tidur. Variasikan posisi tangan kamu sehingga tidak tertekan akibat satu posisi dalam waktu yang lama. Misalnya memberi jeda saat menulis atau mengetik, mengubah posisi tidur, dan membawa barang berat begantian dengan tangan kanan dan kiri.
  2. Istirahat yang cukup
    Tidur adalah proses penting untuk membantu penyembuhan saraf maupun otot yang tegang, karena tubuh akan melakukan perbaikan alami saat kamu tidur. Pada kebanyakan kasus, mengistirahatkan tangan dan kaki yang kesemutan serta menambah jam tidur, dapat membantu meredakan kondisi ini dengan sendirinya.
  3. Terapi fisik
    Terapi fisik dapat membantu menambah kekuatan otot yang mengelilingi saraf yang rusak. Semakin kuat otot tersebut, maka tekanan pada saraf akan semakin berkurang, sehingga kesemutan bisa reda dan tidak muncul kembali. Untukbagian tangan, tidak perlu melakukan terapi yang sulit. Kamu bisa berlatih angkat beban dengan menggunakan air mineral kemasan besar untuk memperkuat otot lengan. Sedngkan untuk melatif saraf dan otot bagian telapak tangan, kamu bisa meremas stress ball.
  4. Kompres dingin atau hangat
    Kesemutan juga bisa disebabkan oleh peradangan. Mengompres tangan yang  kesemutan dengan kompres dingin maupun hangat secara bergantian, dapat membantu meredakan peradangan tersebut.

Terakhir, tahukah kamu kalau kesemutan bisa jadi pertanda kamu kekurangan vitamin neurotropic (Vitamin B1, B6, dan B12), dan juga bisa jadi merupakan tanda awal dari gangguan saraf tepi. Yuk rawat kesehatan saraf dengan memenuhi kebutuhan vitamin B dengan mengonsumsi hemaviton Neuro Forte, yang terdiri dari kombinasi Vitamin B1 100 mg, Vitamin B6 100 mg, dan Vitamin B12 5000 mcg untuk atasi kebas dan kesemutan, serta mencukup kebutuhan vitamin neurotropik. Dengan demikian, kerusakan saraf bisa dicegah sejak dini dan nantinya tidak sering kesemutan lagi!