Sering Nyeri Sendi? Simak 6 Cara Mengatasinya Berikut Ini

Wednesday, 11 September 2019

Pertambahan usia, memiliki aktivitas yang cukup padat, dan melakukan pekerjaan yang berat dalam waktu lama seringkali menjadi penyebab utama timbulnya nyeri sendi, baik di pergelangan tangan, lutut, pinggul, pundak, maupun persendian tubuh lainnya. Biasanya nyeri sendi ini terjadi disertai dengan nyeri otot dan tulang, pembengkakan, kemerahan pada kulit, yang menimbulkan rasa tidak nyaman untuk beraktivitas. Namun tak perlu khawatir, karena Anda bisa mengurangi rasa nyeri pada sendi dengan melakukan beberapa hal sederhana berikut ini.

 Gunakan Pembalut Elastis

Hal yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama saat nyeri sendi (terutama pada lutut dan pergelangan tangan) adalah menutup bagian yang nyeri menggunakan pembalut elastis. Tujuannya adalah untuk melindungi bagian yang nyeri dan memberikan sedikit tekanan untuk menghindari terjadinya pembengkakan.

Mengistirahatkan Persendian

Selain menutupnya dengan pembalut elastis, hal lain yang harus Anda lakukan adalah mengistirahatkan bagian yang nyeri dari berbagai aktivitas, terutama yang menjadi penyebab utamanya, misal mengetik, mengangkat beban, atau terlalu banyak berjalan.

Memberikan Pijatan Ringan

Anda juga bisa mengurangi rasa nyeri dengan melakukan pijatan ringan pada daerah yang terasa nyeri. Contohnya apabila mengalami nyeri sendi lutut, maka segeralah untuk duduk dan luruskan kedua kaki. Kepalkan kedua tangan, lalu mulailah dengan memukul paha bagian atas, tengah, dan bawah secara perlahan sebanyak 10 kali. Gerakan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan empat jari tangan kanan dan kiri (kecuali ibu jari) untuk mengetuk lutut dari atas ke bawah sebanyak 10 kali secara perlahan. Anda juga bisa memberikan pijatan ringan menggunakan telapak tangan dengan cara menekan secara perlahan mulai dari paha hingga lutut kaki. Lakukan berulang untuk mengurangi rasa nyerinya.

Mengompres dengan Air Dingin atau Hangat

Cara sederhana berikutnya adalah dengan mengompres bagian yang nyeri menggunakan es atau air hangat untuk mencegah terjadinya pembengkakan dan memberikan rasa rileks pada sendi sehingga rasa nyerinya berkurang. Jika sudah terlanjur terjadi pembengkakan, usahakan untuk tidak mengoleskan salep yang bersifat panas atau mengompresnya dengan air hangat, melainkan mengompres dengan air es selama 5-10 menit setiap 3 jam sekali untuk mengurangi bengkaknya.

Mengurangi Berat Badan

Kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan munculnya nyeri sendi, terutama pada bagian lutut akibat menumpu beban tubuh yang terlalu berat. Oleh karena itu, jika Anda mulai merasa tidak nyaman dengan kondisi badan (terutama karena berat badan), ada baiknya untuk berusaha menurunkannya dengan cara memperhatikan pola makan dan olahraga secara teratur.

Multivitamin

Untuk mendukung beberapa cara di atas, bila perlu Anda juga bisa mengurangi nyeri sendi dengan mengonsumsi suplemen tambahan dengan kandungan Omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan persendian, seperti hemaviton JointCare MAX. Tak hanya itu, kandungan Joint Support Formula yang terdiri dari kombinasi baru Omega 3, Glucosamine, Chondroitin dan MSM di dalamnya mampu untuk membantu mengurangi rasa nyeri sendi yang muncul akibat aktivitas sehari-hari.

Nyeri sendi melanda? hemaviton JointCare MAX solusinya!