Penting, Ini Bahayanya Jika Membiarkan Nyeri Lutut Terlalu Lama

Saturday, 26 October 2019

Rasa sakit terutama nyeri lutut dan persendian pada orang dewasa seringkali muncul sebagai respon tubuh akibat banyaknya aktivitas berat yang dilakukan setiap harinya dan juga faktor pertambahan usia seseorang. Namun sayang, hingga saat ini masih banyak orang yang mengabaikan rasa sakit yang muncul di beberapa bagian tubuhnya dengan anggapan bahwa rasa sakit ini akan hilang seiring dengan berjalannya waktu.

Padahal, bisa saja rasa sakit atau nyeri lutut ini menandakan adanya ancaman penyakit yang lebih serius, dan jika dibiarkan tanpa adanya penanganan akan memberikan dampak negatif bagi seseorang. Lalu, faktor apa saja yang bisa menyebabkan seseorang mengalami nyeri pada persendian?

Mengenali penyebab nyeri lutut

Melakukan pekerjaan berat secara berulang, duduk terlalu lama, dan pertambahan usia memang merupakan penyebab seseorang merasakan nyeri pada tubuhnya. Namun, lebih lengkapnya lagi dr.Hedy Wahyu Ramadhani, seorang Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Siloam Hospitals Balikpapan seperti yang dilansir dari CNN Indonesia, menjelaskan bahwa nyeri yang terjadi pada persendian seperti lutut juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari trauma, cidera, infeksi, penyakit peradangan, obesitas, dan paling sering karena adanya pengapuran sendi atau osteoathritis

Bahayanya jika membiarkan terlalu lama

Osteoathritis atau pengapuran sendi (terutama pada lutut) merupakan proses alami tubuh yang dialami oleh orang dewasa akibat pertambahan usia yang ditandai dengan adanya rasa sakit dan kaku pada persendian, dan kadang disertai dengan pembengkakan. Hal ini bisa kita rasakan misalnya pada saat mengubah posisi tubuh, saat berdiri setelah duduk dalam waktu yang lama, naik turun tangga, atau saat meluruskan lulut setelah jongkok atau menekuk kaki. Jika dibiarkan terlalu lama tentunya akan sangat berbahaya bagi tubuh. Inilah alasan mengapa seseorang tak boleh menganggap remeh nyeri lutut yang dideritanya, apalagi jika mengingat fungsi lutut sebagai penopang tubuh manusia.

Mengatasi nyeri lutut

Saat mulai merasakan nyeri pada lutut aplikasikan pola hidup sehat dengan memerhatikan asupan nutrisi dan juga olahraga rutin, seperti jalan cepat, yoga, atau berenang setiap harinya. Setelah itu konsumsi suplemen kesehatan persendian seperti hemaviton JointCare Max untuk mengurangi rasa nyeri dan kembali aktif bergerak dan mencegah risiko terjadinya osteoarthritis. Hal ini karena hemaviton JointCare Max mengandung Formula Joint Support, diantaranya Glucosamine, Chondroitin, MSM, dan juga Omega 3.

Selain itu, pastikan selalu untuk mengonsultasikan kesehatan pada dokter untuk mencegah terjadinya pengapuran sendi yang konon bisa terjadi lebih cepat, salah satunya karena membiarkan nyeri lutut terlalu lama.