Mengenal dan Mencegah Penularan Virus Corona

Friday, 31 January 2020

Di awal tahun 2020 ini, kita dikejutkan oleh maraknya pemberitaan mengenai wabah virus Corona yang  menyebar di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Virus yang diduga penyebaran awalnya melalui  konsumsi daging hewan liar ini dengan cepat menyebar bahkan tercatat sudah masuk ke lebih dari 12 negara lain diantaranya AS, jepang, Perancis, Australia, dan Kanada. Penyebaran virus Corona yang terbilang cepat dan masif ini pada akhirnya menimbulkan ketakutan bukan hanya untuk warga Tiongkok tetapi juga warga negara lainnya. Bahkan, wabah Corona juga disamakan dengan wabah virus mematikan lainnya seperti SARS dan MERS yang pernah menyebar beberapa tahun silam.

Gejala klinis virus Corona sebenarnya hampir menyerupai gejala penyakit yang umum terjadi seperti demam, batuk, pilek, gangguan penapasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu. Namun ternyata jika tidak ditangani dengan baik, virus ini dapat menyebabkan kematian. Saat ini obat maupun vaksin pencegahan virus Corona juga belum ada, sehingga situasi saat ini memang harus diwaspadai.

Cara terbaik untuk menghadapi virus Corona & virus lainnya, adalah dengan melakukan pencegahan. Caranya ternyata bisa diwujudkan dengan perilaku hidup sehat yang kita lakukan sehari-hari. Berikut ini adalah langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan.

  1. Sering mencuci tangan, sebelum dan sesudah beraktivitas. Apalagi jika kamu berada di tempat-tempat umum seperti sarana transportasi publik, mall, atau restoran. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau gunakan hand sanitizer
  2. Tutup hidung dan mulut, saat batuk dan bersin. Hentikan penyebaran virus penyakit apapun dengan menutup hidung dan mulut menggunakan siku bagian dalam—bukan telapak tangan.
  3. Gunakan masker. Hindari kontak langsung dengan orang yang memiliki gejala batuk dan flu.
  4. Masak daging dan telur hingga matang sempurna untuk mencegah penularan virus dari hewan.
  5. Jaga daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi, berolahraga, dan cukup istirahat. Bila perlu, perbanyak konsumsi vitamin C. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk asupan vitamin C yang praktis dan nikmat, kamu bisa mengonsumsi suplemen tambahan seperti hemaviton C1000.  Mengandung buffered Vitamin C 1000 mg, yang mampu memelihara daya tahan tubuhmu. Buffered vitamin C bersifat lebih tidak asam sehingga nyaman dilambung. hemaviton C1000 juga telah mendapat sertifikasi halal.