Ini Alasan Kamu Sering Sakit Sendi di Bagian Lutut

Thursday, 06 August 2020

Nyeri sendi cukup lumrah dialami oleh siapa saja. Namun jika terus berulang tentunya sangat mengganggu. Selain itu artinya, masalah persendian di bagian lututmu tidak tertangani dengan optimal. Sebelum mengambil langkah pengobatan yang tepat, sebaiknya cari tahu dulu alasan kamu sering sakit sendi di bagian lutut!

Bursitis

Peradangan atau iritasi pada kantong yang berisi cairan pelumas atau bursa dapat menimbulkan bursitis. Bursa terletak di antara jaringan pada otot, tulang, dan kulit yang berperan untuk mengurangi gesekan dan iritasi.Nyeri sendi yang dirasakan karena burstis dapat muncul secara tiba-tiba ataupun perlahan. Penyebab nyeri sendi ini seringnya muncul pada bagian lutut, siku, tendon Achilles, pinggul, dan bahu.Penyebab nyeri sendi bursitis dapat dikarenakan adanya benturan kecil yang terjadi secara terus-menerus atau karena mengalami cedera yang lebih serius. Peningkatan usia, peregangan badan sebelum olahraga yang buruk, postur tubuh yang salah, dan terlalu sering menggunakan sendi tertentu juga dapat meningkatkan risiko terkena bursitis.

Asam urat

Asam urat adalah salah satu jenis peradangan artritis yang menjadi penyebab nyeri sendi. Rasa nyeri akibat asam urat pertama-tama ditandai dengan rasa sakit dan pembengkakan pada jari jempol kaki.Meskipun demikian, asam urat bisa menyerang daerah tubuh lainnya, seperti lutut, kaki, pergelangan kaki, dan sebagainya. Pada awalnya, rasa nyeri hanya timbul di satu sendi, tetapi secara perlahan, nyeri tersebut akan dirasakan di banyak sendi.Penyebab dari asam urat adalah kandungan asam urat yang tinggi dalam darah dan membentuk kristal pada persendian. Kristal-kristal asam urat tersebut menyebabkan pembengkakan, rasa nyeri, kemerahan, sensasi hangat, dan melunaknya daerah yang terserang asam urat. Selain itu, penyakit asam urat berhubungan kondisi medis yang serius, seperti penyakit kardiovaskular, penyakit ginjal, diabetes, dan hipertensi. Oleh karenanya, periksakan diri lebih lanjut dengan dokter.

Osteoarthritis (OA)

Osteoarthritis atau OA adalah salah satu penyebab nyeri sendi yang umum menyerang kaum lansia. OA tidak hanya berefek pada persendian, tetapi juga berdampak pada ligamen, tulang, tulang rawan, dan jaringan di sekitar persendian.Nyeri sendi yang dialami juga diiringi dengan rasa kaku, bunyi-bunyian saat sendi digerakkan, berkurangnya fungsi sendi, dan adanya benjolan membengkak pada persendian.Sendi yang biasanya menjadi target dari OA adalah lutut, tulang belakang, tangan, jempol kaki, dan pinggul. Penyebab nyeri sendi akibat OA adalah karena adanya peradangan di jaringan sekitar persendian, kerusakan pada tulang rawan, tendon dan ligamen yang mulai memburuk, dan perubahan tulang di persendian.Hal-hal tersebut dapat disebabkan oleh berat yang berlebih, faktor genetik yang membuat seseorang lebih rentan secara genetik, cedera, penggunaan sendi secara berulang, dan kondisi medis lainnya.

Nah itu adalah 3 alasan umum kenapa kamu sering mengalami sakit sendi di bagian lutut. Selain 3 penyebab di atas, masih ada berbagai kemungkinan penyebab lainnya yang perlu kamu konsultasikan ke dokter. Namun kamu juga bisa merawat kesehatan sendimu sendiri dengan cara mengonsumsi suplemen untuk kesehatan sendi seperti hemaviton JointCare MAX . Di dalam hemaviton JointCare MAX  terkandung Formula Joint support yaitu GlucosamineChondroitinMSM dan Omega 3 yang  dapat menjaga sendi tetap fleksibel dam tulang rawan tetap sehat sehingga tidak mudah nyeri. Minum hemaviton JointCare MAX untuk bantu jaga kesehatan sendimu sedini mungkin!

Sebagian sumber: sehatq.com