Daftar Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi

Monday, 24 February 2020

Memiliki kadar kolesterol tinggi membuat anda harus menahan diri untuk menyantap berbagai jenis makanan. Namun, bukan berarti Anda tak bisa menikmati makanan lezat. Kuncinya adalah mengetahui jenis-jenis makanan yang aman dikonsumsi penderita kolesterol tinggi dan mengolahnya dengan tepat. Berikut ini adalah daftar makanan yang aman dikonsumsi penerita kolesterol tinggi yang dapat Anda jadikan acuan.

  1. Oat. Anda mungkin tahu bahwa semangkuk oats adalah asuoan yang bersahabat untuk kesehatan jantung Anda. Dengan mengonsumsi oat secara teratur maka akan lebih mudah untuk menurunkan kadar koleseterol  Anda. Namun, Anda mungkin perlu membuat variasi cara makan oats agar tidak membosankan. Selain mencampurnya dengan susu, buah, dan menjadikannya over night oats, Anda juga bisa menjadikannya ‘tepung’ yang lebih sehat untuk menggoreng ayam atau udang favorit Anda. Cukup campur potongan daging ayam atau udang dengan telur, lalu aduk di dalam semangkuk oats sebelum menggorengnya. Cara ini akan membuat ‘gorengan’ Anda nikmat dan lebih sehat dibanding menggunakan tepung terigu atau tepung instan lain.

  1. Kedelai. Makanan dan minuman dari kedelai juga cukup aman dikonsumsi untuk Anda yang memiliki kolesterol tinggi. Selain itu makanan dan minuman berbahan kedelain juga memiliki rasa yang cukup lezat. Anda bisa menikmati susu kedelai dengan menambahkan sedikit madu untuk memberi rasa manis alami. Selain itu tahu dan tempe juga bahan pangan yang mudah dicari dan dapat diolah dengan banyak cara yang Anda suka. Namun hindari menggoreng dengan minyak terlalu banyak (deep fried) untuk menghindari kolesterol jahat dari minyak goreng.

  1. Ikan. Daging mungkin adalah sumber protein hewani favorit banyak orang. Akan tetapi jika anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, coba pertimbangkan mengganti sumber protein hewani dengan ikan. Mengonsumsi ikan 2 -3 kali seminggu sebagai pengganti daging dapat menurunkan LDL. Selain itu Omega-3 yang terkandung di dalam berbagai jenis ikan seperti salmon, tuna, sarden, tenggiri, kembung, dan teri dapat mengurangi trigliserida dalam aliran darah serta melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal. Ikan dapat diolah sebagai tumisan, sup, diasap, dibakar, dan lainnya dengan menambahkan bumbu favorit anda. Hindari menggorengnya dengan cara deep fried.

Memilih jenis makanan yang aman dan mengolahnya dengan tepat adalah kunci bagi penderita kolesterol tinggi agar dapat tetap makan makanan lezat. Selain itu, konsumsi juga suplemen yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda seperti hemaviton Cardio. Kandungan Phytosterol di dalamnya akan membantu mencegah kolesterol yang masuk melalui makanan aga dapat terblok sebelum masuk ke dalam darah. Dilengkapi dengan Vitamin dan Mineral antioksidan penting untuk menghambat penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah sehingga menurunkan kolesterol dalam darah. hemaviton Cardio dapat dikonsumsi sebelum makan, dan Anda pun bisa makan lezat dengan tenang!

Sumber: https://www.health.harvard.edu/