Cara Mengatasi Lutut Sakit Akibat Peradangan Pada Sendi

Thursday, 28 November 2019

Seiring dengan bertambahnya usia, maka semakin menurun pula kemampuan fisik seseorang. Salah satu tanda yang paling jelas adalah berkurangnya kepadatan tulang dan kekuatan sendi yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri di persendian. Inilah alasan mengapa orang dewasa seringkali merasakan lutut sakit setelah beraktivitas. Biasanya saat kondisi ini mulai dirasakan, banyak orang akan lebih memilih untuk istirahat dan menghentikan aktivitas olahraganya, terutama gerakan yang melibatkan lutut.

Namun jangan salah, ada beberapa gerakan olahraga yang melibatkan lutut justru mampu mengurangi rasa nyeri dan membantu menjaga kesehatan lutut. Penasaran?

Walking Lunges

Gerakan pertama yang bisa Anda lakukan adalah walking lunges, yaitu melangkahkan kaki kanan ke depan, angkat tumit kaki kiri (belakang) dan menurunkan badan hingga kedua kaki menekuk. Lakukan secara berkala (mengganti kaki) sebanyak 15 repetisi dalam tiga sesi.

Low Side to Side Lunges

Jika walking lunges mengharuskan kaki melangkah ke depan, lain halnya dengan gerakan low side to side lunges yang mengharuskan kaki kanan membuka ke samping, mengepalkan kedua tangan di depan dada, dan menekuk salah satu kaki. Lakukan secara berkala dengan mengganti kaki kanan dan kiri dalam tiga sesi masing-masing 15 repetisi.

Squat

Anda pasti sudah tidak asing dengan gerakan yang satu ini. Squat, yaitu gerakan membuka kedua kaki selebar pundak, kepalkan kedua tangan di depan dada, dan menumpukan berat tubuh pada tumit dengan cara melakukan posisi jongkok 90 derajat. Pastikan selama melakukannya posisi punggung rata untuk mencegah terjadinya cidera dan rasa nyeri pada lutut sakit akan berkurang.

Mountain Climbers

Selanjutnya adalah gerakan mountain climbers, di mana Anda harus memosisikan tubuh seperti akan push up, lalu menggerakkan kaki kanan dan kiri secara bergantian ke arah dada dan kembali ke posisi semula. Lakukan secara perlahan untuk mengurangi rasa nyeri pada lutut sakit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, beberapa cara di atas tentunya belum cukup. Oleh karena itu, seimbangkan dengan cara mengonsumsi vitamin dan suplemen tambahan, terutama yang mengandung vitamin B yang baik untuk kesehatan saraf tubuh, seperti hemaviton JointCare Max untuk mengurangi rasa nyeri pada lutut sakit dan mencegah risiko terjadinya osteoarthritis. Kandungan Joint Support Formula, seperti Glucosamine, Chondroitin, MSM, dan juga Omega 3 sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan persendian, sehingga kita bisa kembali aktif bergerak. hemaviton JointCare MAX Sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI.