Cara Aman Merawat Persendian di Atas Usia 40

Friday, 14 February 2020

Tidak banyak orang yang memperhatikan perawatan kesehatan sendinya hingga akhirnya mereka menua dan permasalahan sendi mulai muncul satu persatu. Sebelum terlambat, mulailah merawat persendian Anda. Coba ikuti tips merawat persendian berikut ini, khususnya bagi Anda yang berusia di atas 40 tahun!

Berhenti Merokok
Merokok ternyata bukan hanya dapat menyebabkan masalah jantung dan kanker namun juga dapat mengganggu persendian Anda. Dilansir dari clevelandclinic.org, merokok dapat meningkatkan peradangan di seluruh tubuh Anda, termasuk persendiaan. Sdampaknya adalah tubuh Anda akan lebih sulit pulih ketika mengalami cedera. Berhenti merokok memang sangat sulit, akan tetapi di usia 40 tahun, bukan saatnya untuk menunda-nunda lagi, bukan?

Ganti minuman Anda dengan air mineral
Air membentuk sekitar 80 % dari tulang rawan tubuh Anda (jaringan ikat fleksibel yang menopang persendian Anda). Jika tidak terhidrasi dengan baik, tubuh Anda akan mengambil air dari tulang rawan dan bagian lainnya sehingga akan memberi dampak buruk pada persendian Anda. Sebaiknya ganti  minuman soda, kopi, teh, atau apapun jenis minuman lainnay dengan air mineral. Minum air mineral akan membantu menghidrasi sendi lebih optimal. Umumnya Anda disarankan minum 1,5 – 2 liter air per hari, namun jangan abaikan isyarat dari tubuh Anda. Minumlah setiap kali Anda merasa haus, dan perbanyak minum ketika cuaca panas atau setelah berolahraga.

Miliki berat badan ideal
Upayakan agar Anda memiliki berat badan yang ideal. Ini bukan sekedar soal penampilan, tetapi juga kesehatan. Jika Anda kelebihan berat badan, maka Anda akan memberi beban ekstra untuk sendi pada bagian luturt. Sedangkan jika Anda kekurangan berat badan, maka Anda kekurangan massa otot untuk membuat sendi Anda kuat dan stabil. Olahraga teratur juga sangat membantu. Pada usia 40 tahunan, olahraga yang direkomendasikan untuk Anda antara lain bersepeda, pilates, berenang, berjalan di atas treadmill, dan yoga.

Jangan lewatkan pemanasan dan pendinginan
Banyak orang yang langsung berolahraga tanpa pemanasan. Padahal hal ini berisiko membuat persendian Anda berisiko lebih besar mengalami ketegangan dan kelebihan beban. Untuk hasil terbaik, latihan pemanasan dan pendinginan harus berlangsung sekitar lima menit. Fokuskan pemanasan pada bagian otot yang akan Anda gunakan ketika berolahraga, namun lakukan dalam kecepatan yang lebih lambat.

Suplemen untuk sendi
Di usia yang lebih tua, suplemen untuk persendian dapat membantu merawat kesehatan sendi. Seperti hemaviton JointCare MAX dengan kandungan Omega 3 misalnya, sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, hemaviton JointCare MAX juga dilengkapi dengan Joint Support Formula yang terdiri dari kombinasi baru Omega 3, Glucosamine, Chondroitin dan MSM yang akan mencegah Osteoarthritis atau masalah sendi sehingga Anda dapat kembali beraktivitas dengan nyaman dan leluasa. Suplemen ini juga sudah memiiki sertifikasi Halal.

Tidak ada kata terlambat untuk mengusahakan kesehatan persendian Anda. Mulai dari sekarang agar Anda memiliki tulang dan sendi yang sehat lebih lama lagi!