Tetap Sehat di Musim Hujan dengan Menu Tradisional Korea

Tuesday, 02 May 2017

Kamu termasuk salah satu yang terkena demam K-pop yang sudah mulai melanda generasi muda Indonesia sejak beberapa tahun silam? Atau kamu memang benar-benar suka kuliner Korea? Kalau betul seperti itu, kamu harus nyobain beberapa menu makanan khas Korea berikut ini. Rasanya nggak cuma enak, tapi juga bergizi tinggi! Sehingga kamu juga bisa tetap sehat dengan daya tahan tubuh kuat di tengah cuaca yang tidak mendukung sekalipun!

Kimchi
Kimchi adalah salah satu makanan fermentasi yang sangat bergizi. (Lihat juga : Manfaat Makanan Hasil Fermentasi) Orang Korea patut berbangga dengan budaya makan sayuran kimchi. Selain karena kimchi adalah salah satu makanan paling sehat di dunia, kimchi juga menjadi kunci mengapa banyak orang Korea bertubuh langsing. Pasalnya kimchi yang terbuat dari sejenis kubis sawi putih, lobak, dan timun ini banyak mengandung serat dan rendah kalori, sehingga cukup mengenyangkan tapi nggak bikin gemuk. Selain itu zat gizi dalam kimchi seperti vitamin, zat besi, antioksidan, kalsium serta asam laktat sangat berperan besar untuk menjaga kesehatan pencernaan dan memelihara daya tahan tubuh. Emang pas deh, kalau kimchi jadi solusi menu sayur-sayuran segar selama musim hujan ini.

Samgyetang
Sup ayam yang satu ini sangat cocok untuk nambah tenaga kamu ketika di ambang jatuh sakit. Rasanya yang gurih saat disajikan panas-panas cocok buat nemenin kamu melawan dinginnya cuaca saat hujan. Nutrisinya? Jangan diragukan lagi! Bahan kaldu samgyetang meliputi kebaikan tanaman obat herbal Korea seperti ginseng, astragalus, kacang ginkgo, dan goji berry.

Bibimbap
Menu bibimbap adalah menu asal kota Jeonju yang hadir dengan nutrisi komplit! Nasi yang mengandung karbohidrat sebagai sumber tenaga disajikan lengkap dengan lauk yang bervariasi. Seperti sayuran tumis sebagai sumber protein nabati, serat, dan vitamin A dan C; daging dan telur yang menjadi sumber lemak dan protein hewani; serta taburan cacahan rumput laut kering yang kaya antioksidan dan yodium. Bibimbap tentunya belum lengkap juga tanpa saus khusus bernama gochujang yang mengandung zat antibakteri yang bisa menambah daya tahan tubuh!

Yujacha
Kalau sebelumnya yang sudah dibahas adalah menu makanan, yujacha ini adalah minuman teh jeruk kesukaan orang Korea kalau sedang sakit flu. Di dalam secangkir teh yujacha hangat, terdapat irisan jeruk yooja yang tinggi vitamin C. Sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu redakan batuk. Orang Korea sering membuat teh ini dengan cara menyeduh 1 sendok selai yoojacha dalam air panas.