Teliti Saat Memesan Makanan di Luar Rumah

Wednesday, 21 September 2016

Saat berpetualang kuliner, baik di restoran ataupun di warung pinggir jalan, ada baiknya kita selalu waspada terhadap higienitas dan kualitas makanan yang kita pesan. Jika kamu kurang yakin, lebih baik urungkan niat saja dan berpindah ke tempat lain yang lebih nyaman. Menterengnya restoran mahal di mall pun tidak menjamin makanan kamu betul-betul sehat. Ambil langkah seribu jika kamu sampai menemui hal berikut ini di restoran :

Aroma tidak sedap
Bagaimana mau nafsu makan kalau aroma yang tercium malah tidak sedap? Selain jadi nggak nyaman, ini juga bisa jadi pertanda bahwa tempat makan dan lingkungan di sekitarnya bukanlah tempat yang bersih. Sikapilah dengan bijak, yaitu dengan segera menjauhi tempat tersebut. Makan di luar seharusnya jadi pengalaman menyenangkan, bukannya bikin kamu merasa mual.

Pelayanannya tidak memuaskan
Kalau masalah ini memang tidak berhubungan langsung dengan kebersihan atau kualitas makanan. Tetapi pada dasarnya jika penyedia jasa kuliner itu peduli terhadap pelanggan, seharusnya tercermin pula pada pelayanannya. Jika pelayan tidak peduli dan tanggap dengan kondisi meja yang jorok misalnya, bukan tidak mungkin standar yang sama berlaku juga di area dapur atau di area pencucian alat makan. Bisa jadi kualitas dan pemilihan bahan makanan pun lalai diperhatikan oleh pemilik restoran.

Banyak hewan seperti serangga
Hewan yang dimaksud adalah hewan-hewan yang biasa muncul di tempat yang kurang bersih,  seperti kecoa, tikus, dan lalat. Hati-hati!  Mereka bisa menyebarkan penyakit, seperti diare, muntaber, dan tifus. Walau mungkin hewan-hewan ini nggak menyentuh makananmu, kamu tak bisa memastikan bahan makanannya tidak terkontaminasi saat diproses di dapur. Jika kondisi di restoran sudah mencurigakan, banyak lalat misalnya, lebih baik pilih tempat makan yang lain saja ya.

Peralatan makan yang tidak dicuci bersih
Saat jajan makanan di pinggir jalan, wajar saja jika kondisinya agak berdebu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengcek ulang apakah peralatan makan yang digunakan bersih atau tidak. Pastikan sendok dan garpu tidak menyisakan minyak atau kotoran lain. Kalau perlu, lap ulang dengan tisu sebelum digunakan Jangan sampai kamu jadi sakit perut lho karena memakai peralatan yang nggak bersih! Jangan ragu untuk laporkan hal tersebut ke pihak restoran agar mereka bisa meningkatkan mutu pelayanannya.