Stay Healthy After Party!

Wednesday, 10 February 2016

Hidup memang harus seimbang antara bekerja dan bersenang-senang. Tapi jangan sampai kebablasan agar tidak mengganggu kesehatan. Nah sebelum kamu tenggelam dalam meriahnya pesta, perhatikan ini ya, agar kamu tetap bisa beraktivitas dengan bugar seusai pesta.

1. Go green before party
Seminggu sebelum pesta cobalah 1-2 hari diet hijau. Selama menjalani diet hijau, kamu hanya diperbolehkan mengonsumsi sayur dan buah berwarna hijau seperti bayam, brokoli, apel, avokad (alpukat). Mengonsumsi sayur dan buah hijau berarti kamu menyiapkan tubuhmu dengan makanan kaya antioksidan dan phytonutrients yang dapat meningkatkan sistem imun sekaligus rendah kalori. 

2. Dance!
Jangan cuma duduk diam makan dan minum saat berpesta. Turunlah ke lantai dansa dan biarkan tubuhmu bergerak. Menari mengikuti musik bisa mengeluarkan endorfin tubuh, yaitu hormon yang membuatmu merasa senang, sekaligus bisa membakar hingga 250 kalori jika menari energik selama 30 menit saja.

3. Minum air
Menurut Tanya Zuckerbrot, MS, RD, penulis buku The Miracle Carb Diet: Make Calories & Fat Disappear- with Fiber,  dehidrasi setelah pesta bisa terlihat dari kelelahan, sakit kepala, dan kram otot yang dirasakan. Obatnya adalah meneguk air. Meminum sebotol air dapat menyingkirkan racun yang memperlambat metabolisme tubuh.

4. Konsumsi pisang 
Merasa kembung setelah berpesta? Bisa jadi karena kamu kelebihan sodium. Mengonsumsi sodium secara berlebihan bisa memengaruhi daya serap air dalam tubuh dan mengakibatkan perut kembung . Makanan yang mengandung potasium tinggi seperti pisang, kiwi, atau stroberi dapat mengatasi kelebihan konsumsi sodium yang biasanya terdapat pada camilan saat pesta. 

5. Tetap berolahraga
Habis pesta enaknya sih tidur sampai siang dan bermalas-malasan. Padahal  olahraga di pagi hari dapat mengembalikan kondisi tubuh dan otak. Metabolisme meningkat, kalori terbakar, racun tubuh pun tersingkirkan. Memang susah memulai di setengah jam pertama tapi selanjutnya kamu akan merasa lebih segar dan berenergi.

Foto: Shutterstock