Stamina Utuh Setelah Perjalanan Jauh

Thursday, 08 October 2015

Bepergian jauh dalam jangka waktu yang lama memang menguras tenaga. Apalagi jika aktivitas yang dilakukan selama bepergian cukup padat. Saat berangkat menunaikan ibadah haji misalnya, fisik, mental, dan spiritual seseorang dikerahkan semaksimal mungkin. Adalah hal yang wajar jika sepulang berhaji tubuh terasa kehabisan tenaga. Beristirahat sah-sah saja, tetapi aktivitas harian yang sudah menanti tidak bisa ditunda lama-lama. Agar stamina tubuh dan konsentrasimu tetap terjaga, ini langkah yang dapat kamu lakukan.

1.    Duduk yang benar
Untuk mengurangi kelelahan dalam perjalanan panjang, pastikan kamu duduk dengan cara yang benar di pesawat/ kendaraan umum lainnya. Posisikan sandaran kursi sekitar 100 derajat agar kamu tidak membungkuk. Agar pinggang tidak pegal kamu juga bisa mengganjal area pinggang dengan bantal kecil atau gulungan handuk.

2.    Makan 4-5 jam sekali
Tubuh perlu asupan yang rutin. Setiap 4-5 jam sekali kunyahlah sesuatu seperti snack atau buah untuk menjaga stamina kamu tetap stabil. Jika tidak, bisa-bisa ketika waktu makan utama tiba, kamu akan makan berlebihan ujung-ujungnya kekenyangan lalu mengantuk. Jangan lupa hindari makanan kalengan atau makanan instan ya. 

3.    Awali hari dengan olahraga 
Buat tubuhmu tersadar kalau sudah kembali pada realita dan rutinitas. Bantu tubuh ‘bangun’ kembali dengan melakukan gerakan ringan seperti push-up satu putaran pada pagi hari. Sedikit keringat sebelum berangkat kerja, akan membantu staminamu tetap maksimal untuk beraktivitas sepanjang hari.

4.    Berhenti mengeluh
Setumpuk tugas yang menanti bisa bikin stres. Jauhkan pikiran negatif bahwa kamu tidak akan berhasil. Sebaliknya pupuk percaya diri kalau dengan strategi yang benar dan pendekatan yang baik, rekan kerjamu pasti mau membantu. Hindari juga banyak mengeluh karena itu semua akan ikut menguras stamina kamu.
 
5.    Istirahatkan pikiranmu
Cobalah untuk berhenti berpikir sejenak. Banyak orang tetap berpikir meski di waktu istirahat. Misalnya saat istirahat minum kopi yang seharusnya bisa menjadi saat relaksasi, otak terus berputar memikirkan tugas selanjutnya. Nikmati yang ada di hadapan kamu saat ini. Aroma kopi yang wangi, ramainya suasana sekitar, cerahnya cuaca, dan sebagainya. Berhenti dulu memikirkan sederet daftar tugas yang harus kamu lakukan sebelum hari berganti. Jika pikiranmu segar staminamu pun akan otomatis terisi ulang. 

Untuk membantu kamu tetap berstamina di saat kelelahan, konsumsi juga multivitamin yang bisa membuatmu melewati hari yang penuh aktivitas dengan lancar. Minum hemaviton Stamina Plus, suplemen kesehatan yang mengandung Ginseng, L-Glutamic Acid, plus multivitamin lengkap, dan mineral.  L-Glutamic Acid dapat meningkatkan fungsi syaraf dan daya tangkap sehingga membantu memelihara konsentrasi agar selalu fokus. Sementara ginseng extract dapat meningkatkan daya konsentrasi meski dalam kondisi kelelahan. Stamina bagus, pikiran pun fokus.

Foto: Shutterstock