Sayangi Tubuh dengan Detoks

Tuesday, 08 September 2015

Apakah kamu sering lelah? Tidak bisa tidur? Bahkan kulitmu kusam? Bisa jadi itu pertanda bahwa kamu harus mulai men-detoks tubuhmu.

Detoks atau detoksifikasi adalah proses pengeluaran zat-zat berbahaya dari dalam tubuh. Dengan membersihkan toksin yang menumpuk artinya membantu memperbaiki fungsi organ-organ vital seperti hati, ginjal, dan usus serta melancarkan metabolisme. Tidak hanya itu saja, detoks juga bisa membantu menurunkan berat badan dan mencerahkan kulit yang kusam.

Ada banyak jenis program dan resep detoks yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut cara-cara detoks yang simpel, alami, dan gampang diterapkan.

1. Morning Lemon Juice – Mulailah harimu dengan minum perasan air lemon yang dicampur dengan secangkir air panas. Bersifat diuretik, lemon juice akan membantu mengeluarkan racun dan memperlancar proses pencernaan.

2. Hindari Alkohol dan Kopi – Dalam proses detoks, sebaiknya kamu menghindari minum kopi dan alkohol untuk sementara. Jika kamu bukan morning person dan membutuhkan kafein untuk bangun pagi, gantikanlah kopimu dengan secangkir teh hijau. Selain mengandung sekitar 25miligram kafein per cangkir (lebih sedikit dari kopi), teh hijau juga merupakan sumber antioksidan penting yang membantu melindungi sel-sel tubuh.

3. Konsumsi Makanan Berserat – Konsumsilah makanan-makanan yang mengandung   serat seperti brown rice, brokoli, rumput laut, lobak, dan buah-buahan organik untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

4. Pilih Makanan yang Fresh – Hindari makanan yang merugikan tubuh seperti makanan yang sudah diproses, diawetkan, dan makanan siap saji.

5. Perbanyak Aktivitas yang Menghasilkan Keringat – Buang toksin-toksin berbahaya dari dalam tubuh melalui keringat dengan rutin sauna atau berolahraga. Untuk sauna, luangkan setidaknya 10 -15 menit selama tiga kali seminggu untuk pembuangan toksin yang maksimal.

6. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh – Tidak hanya pada saat menjalani detoks, pastikan kalau kamu memenuhi kebutuhan asupan cairan bagi tubuh dengan minum setidaknya 2 liter atau 8 gelas sehari.

Foto: Shutterstock