Penyebab Tubuh Gampang Sakit yang Tidak Disadari

Thursday, 12 January 2017

Perubahan cuaca akhir-akhir ini memang tak dapat diprediksi. Tak heran tubuh pun jadi gampang sakit. Tetapi di luar faktor cuaca, ada juga beberapa penyebab tubuh mudah jatuh sakit yang mungkin luput dari perhatianmu :

Bertambahnya umur
Bertambahnya umur sering tidak disadari, tapi ini bisa jadi merupakan penyebab tubuh jadi semakin gampang sakit. Jangan dikira yang mudah sakit hanya orang tua. Kita yang sering terpapar efek buruk polusi di kota besar juga bisa terkena imbas penuaan dini. Makanya sering-sering minum multivitamin tinggi vitamin C serta Collagen, antioksidan yang bisa melawan efek buruk penuaan dini, seperti hemaviton C1000 +Collagen.

Berada di sekitar orang sakit
Tiba-tiba terjangkit flu atau bahkan tifus? Mungkin kamu terpapar kuman dari orang sekitarmu. Oleh karena itu hindari berbagi makanan atau minuman dengan peralatan yang sama, karena banyak penyakit yang bisa menular lewat pertukaran cairan. Pakai juga masker saat berada di tempat umum atau saat berdekatan dengan teman yang sedang sakit batuk pilek.

Makan tanpa cuci tangan
Jika kita ke rumah sakit, pasti ada himbauan untuk mensterilkan tangan. Soalnya tangan bisa jadi sumber perpindahan banyak virus dan bakteri. Penyakit seperti TBC, flu, diare, cacingan, bahkan penyakit berbahaya seperti flu burung dapat dengan mudah terjangkit jika kita tidak cuci tangan secara benar. Makanya,biasakan cuci tangan dengan sabun ya!

Jajan sembarangan
Orangtua sering menasihati untuk membatasi makan dan jajan di luar rumah. Soalnya kita kan, nggak tahu persis seperti apa cara masak dan bahan yang dipakai. Jika imun kita sedang lemah, dan ternyata jajanan kita mengandung kuman penyakit, tak pelak kesehatan pun terganggu.

Makanan atau minuman yang sudah tak layak dikonsumsi
Pernahkah kamu mendadak sakit perut tanpa sadar apa sebabnya? Mungkin saja kamu habis mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah lewat dari masa kadaluwarsanya. Makanan yang sudah basi biasanya sudah berubah aroma, warna, atau tekstur. Tetapi ada beberapa bahan makanan yang tidak terlihat berubah signifikan walaupun sudah tak boleh dimakan. Seperti sayur bayam, masakan dengan sayur bayam tidak boleh lagi dikonsumsi setelah lewat 8 jam.