Mengenal Diabetes: Mitos vs Fakta

Tuesday, 03 March 2015

Diabetes, jika mendengar tentang penyakit ini perhatianmu pasti langsung tertuju pada kadar gula darah. Seorang penderita diabetes mengalami kesulitan untuk mengatur kadar gula dalam tubuh, sehingga mengakibatkan daya tahan tubuh menurun. Menariknya, ada beberapa mitos yang sering beredar di masyarakat. Kamu mau mengenal tentang penyakit ini lebih dekat? Simak ulasannya berikut.

Mitos: Diabetes disebabkan oleh konsumsi gula yang berlebih
Fakta: Diabetes tipe 1 disebabkan oleh faktor keturunan dan genetik, sedangkan diabetes tipe 2 diakibatkan oleh faktor genetik dan gaya hidup.

Mitos: Penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi gula sama sekali
Fakta: Mengurangi konsumsi gula memang baik untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh, tapi tubuh tetap membutuhkan kandungan gula untuk menghasilkan energi.

Mitos: Wanita penderita diabetes seharusnya tidak hamil
Fakta: Wanita yang bisa mengatur penyakit diabetesnya dengan baik serta memiliki gaya hidup sehat dapat hamil seperti wanita normal kok. Malah, mereka dapat melahirkan bayi yang sehat.

Mitos: Buah sangat baik untuk kesehatan, penderita diabetes boleh dengan bebas mengonsumsinya.
Fakta: memang benar jika buah adalah sumber makanan yang sehat. Tapi, buah juga memiliki kandungan gula alami yang perlu dikontrol oleh penderita diabetes. Jadi, penderita diabetes juga nggak boleh mengonsumsi buah sembarangan.

Mitos: Orang yang memiliki badan gemuk selalu mengidap diabetes
Fakta: Berat badan yang berlebihan merupakan salah satu akibat dari diabetes. Tapi, bukan berarti semua orang gemuk menderita diabetes. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan dan gaya hidup.

Sudah makin kenal dengan penyakit yang satu ini kan? Agar kamu terhindar dari diabetes, selalu lakukan gaya hidup sehat yang disertai dengan olahraga ya. Sehat tuh mahal banget harganya, jadi kamu harus selalu menjaga kesehatan dengan baik ya. (kln/ay)