Mengenal Alat-alat di Tempat Fitness

Wednesday, 19 April 2017

Sebelum memutuskan mendaftar keanggotaan gym, kenali dulu alat-alat bantu yang biasa digunakan. Jangan sampai kamu salah menggunakannya, bisa-bisa kamu malah cedera! Bagi pemula, beberapa alat fitness berikut wajib kamu kenali :

Multigym
Alat ini ciri khasnya memiliki dudukan, dan di belakangnya ada besi yang terdiri dari tumpukan balok atau cakram beban yang terhubung melalui sistem tuas maupun sambungan katrol. Karena bisa mendukung berbagai gerakan, multigym ini bisa melatih kekuatan bagian otot dada, lengan, tangan, hingga punggung. Bebannya juga bisa disesuaikan. Jika ingin lebih berat, tinggal tambahkan balok besi lagi pada susunan beban!

Treadmill
Alat ini tentunya sudah awam bagi banyak orang. Ya, inilah alat yang dipakai untuk lari atau berjalan di dalam ruangan. Nama lainnya adalah ellipsis. Untuk menggunakannya, kamu tinggal mengatur kecepatan lari dan waktu latihan kamu, lalu berlarilah seperti biasa. Treadmill termasuk salah satu yang bisa melatih cardio (jantung dan peredaran darah) serta pernapasan.

Bench
Bentuknya seperti bangku tempat duduk, tetapi memiliki beberapa aksesoris sederhana seperti bagian penopang tangan saat angkat beban, besi penyangga kaki, hingga rak untuk barbel yang bisa kamu pakai berlatih. Beberapa jenis bench juga dilengkapi dengan  Alat ini termasuk salah satu yang bisa melatih Cardio.

Kettlebell
Kalau kamu melihat benda yang terbuat dari besi atau terbungkus rubber, bentuknya seperti poci (kettle) yang berat jika diangkat, ini namanya kettlebell. Dengan bentuknya yang bulat dan punya pegangan, kettlebell cocok banget untuk gerakan angkat beban vertikal dan melatih daya tahan, kekuatan, kelincahan, dan keseimbangan.

Barbel
Barbel telah menjadi salah satu alat olahraga yang paling populer, karena mudah digunakan untuk berbagai gerakan dalam latihan resistance dan strength. Bila menemukan set barbell dengan berbagai ukuran atau warna beban, jangan bingung ya. Masing-masing warna dan ukuran barbell hanya menunjukkan berat beban yang berbeda. Untuk kamu yang masih pemula, disarankan untuk memakai barbel yang paling ringan dulu yaitu ½ kg sebelum secara bertahap makin berat. Bilah beban yang paling berat adalah 25 kg, dan bisa kamu coba hanya kalau kamu sudah tahu tekniknya!