Mau Mencoba Lari 10K? Ayo Persiapkan Diri dengan Tips Ini

Monday, 21 September 2015

Di tengah booming event lari 5K, 10K, dan marathon yang sifatnya fun run, cukup banyak yang tergoda ikut coba-coba jadi pelari. Rasanya memang seru banget bisa olahraga sekaligus refreshing bareng teman-teman, apalagi kalau kita bisa lari sambil beramal. Belakangan banyak event lari untuk penggalangan dana untuk peduli autis atau kanker. Tertarik untuk ikutan? Cek dulu tips berikut ya!

1.    Latih fisikmu dua bulan sebelum berlari
Untuk persiapan fisik, seorang pelari 10K setidaknya harus latihan fisik minimal dua bulan sebelum berlari. Luangkan waktu 5 hari setiap minggunya untuk latihan lari santai. Lakukan bertahap mulai jarak pendek sampai kamu bisa menaklukkan jarak 10.5 km, dan gunakan 2 hari sisanya untuk latihan cross-training

2.    Cara berlari yang benar
Ketahui teknik berlari yang benar yakni dengan mempertahankan ayunan langkah pendek, cepat, dan posisi telapak segaris dengan pinggul. Hindari menapak dengan tumit atau mengambil langkah terlalu lebar ke depan karena bisa mengakibatkan cedera. Tekuk siku 90 derajat dan ayun dekat ke tubuh agar tidak cepat lelah.

3.    Latihan bareng teman
Latihan bareng teman atau kelompok pelari lainnya bisa juga jadi kesempatan untuk bergaul dan bersosialisasi. Selain itu kamu bisa punya teman yang saling mengingatkan tentang jadwal latihan, bertukar informasi latihan yang efektif, sampai menyemangati kamu berlatih.

4.    Variasikan jenis lintasan lari
Jika selama ini kamu hanya lari di lintasan yang rata, kamu melewatkan banyak tantangan dalam hidupmu! Coba tingkatkan kualitas larimu dengan memilih lintasan yang menanjak atau berbukit-bukit. Hal ini bisa membantu mengondisikan tubuhmu agar terbiasa dengan segala tipe lintasan saat lari nanti.

5.    Latih pernapasan
Pernapasan yang lambat melalui diafragma akan membuat tubuh kamu lebih tenang. Agar optimal, letakkan tanganmu di abdomen saat menarik napas dalam-dalam. Hal ini dapat  membantu membuatmu rileks dan mengurangi rasa stres saat di garis start nanti.


Selama masa persiapan ini, jangan lupa jaga daya tahan tubuhmu dengan hemaviton C1000 ya. Selamat berlari!

Foto: Shutterstock