Kenali Gejala Diabetes

Tuesday, 08 September 2015

Kalau tidak pandai menjaga pola makan dan gaya hidup, penyakit bisa datang kapan saja, termasuk diabetes tipe 2. Penyakit diabetes tipe 2 dapat muncul saat insulin tidak bekerja dengan maksimal menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Masalahnya seringkali seseorang tidak menyadari penyakit yang dideritanya sampai kondisinya terlanjur parah. Untuk itu penting sekali lho mengenali gejala penyakit sedari awal. Untuk diabetes tipe 2 berikut gejala yang perlu kamu waspadai.

1. Mudah Haus dan Sering Buang Air Kecil
Kelebihan gula darah mendorong cairan tubuh keluar dari jaringan. Ini menyebabkan tubuh cepat merasa haus untuk menggantikan cairan yang hilang tersebut. Terus menerus minum juga mendorong keinginan untuk buang air lebih sering dari biasanya.

2. Mudah Lapar
Tanpa insulin yang cukup, untuk mendistribusikan gula dalam sel-sel tubuh mengakibatkan otot dan organ tubuh akan kekurangan energi. Ini memicu lapar.

3. Berat Badan Turun
Saat tubuh merasa lapar, tubuh akan menggunakan protein dari otot sebagai alternatif bahan bakar. Ginjal juga bekerja ekstra keras untuk mengurangi kelebihan gula. Ini memengaruhi berkurangnya kalori dan dapat merusak ginjal. Itu sebabnya berat badan bisa turun. Namun turunnya berat dengan drastis hingga 5-10 kg dalam 2 bulan itu bukan pertanda baik.

4. Luka Lamban Sembuh
Infeksi ringan seperti luka memar atau sayatan yang tidak bisa sembuh dengan cepat adalah tanda klasik diabetes.

5. Sering kesemutan
Berlebihnya kadar gula dalam darah memengaruhi kinerja saraf dalam merasa. Tidak heran kalau seringkali kaki dan tangan merasa kesemutan.

6. Pandangan Kabur
Ketika kadar gula darah terlalu tinggi, persediaan cairan dalam lensa mata dapat terpengaruh. Jika terjadi dehidrasi tentu memicu mengaburnya penglihatan.

Diabetes tipe 2 sering disebut sebagai silent killer karena banyak penderita yang tidak sadar telah mengidap penyakit mematikan ini. Jadi pastikan kamu menyadarinya sebelum terlambat. Lakukan juga upaya pencegahan dengan menjaga gula darah tetap terjaga. Jaga pola makan dan gaya hidup kamu ya. Konsumsi juga hemaviton GluCare secara teratur.  hemaviton GluCare mengandung Zinc, Vitamin, Mineral, dan Chromium Nicotinate yang dapat meningkatkan sensitivitas jaringan tubuh terhadap insulin agar gula yang masuk ke dalam tubuh dapat diubah menjadi energi sehingga kadar gula darah tubuh pun tetap terjaga.

Foto: Shutterstock