Kenali Fakta Seputar Kolesterol

Wednesday, 07 October 2015

Kolesterol tinggi memang memiliki korelasi dengan penyakit jantung. Tapi ini fakta lain seputar kolesterol yang juga kamu perlu tahu.

1.    Orang kurus juga bisa berkolesterol tinggi
Gemuk bukan tolok ukur utama. Mereka yang berbadan kurus pun bisa memiliki kolesterol tinggi jika asupan makanan mengandung lemak jenih tinggi.

2.    Kolesterol dapat terlihat kasat mata
Umumnya kadar kolesterol dapat diketahui lewat tes, tapi sebelumnya kamu juga dapat melihat ciri yang kasat mata jika kolesterolmu tinggi. Ciri yang terlihat berupa benjolan kemerahan- kekuningan. Ukurannya bisa bervariasi pada tiap orang dan bisa muncul di mana saja, tapi biasanya muncul pada kelopak mata, tangan atau sendi.

3.    Kolesterol rendah juga berbahaya
Jaga kolesterol total di bawah 200 mg/dl. Tetapi jika kolesterol di bawah 160 mg/dl juga berisiko terhadap penyakit termasuk kanker. Rendahnya kolesterol total dan LDL level bahkan berkaitan dengan kecemasan dan depresi.

4.    Kolesterol bisa memanaskan malam
Kolesterol berperan dalam hormon seperti testosteron, estrogen, dan progesterone. Kolesterol juga membantu pembentukan membran sel dan proses pencernaan.

5.    Tubuh memproduksi kolesterol
Hati memproduksi sekitar 1000 mg kolesterol setiap harinya untuk keperluan membangun sel dan juga metabolisme pencernaan.

6.    Bisa dimulai sejak kanak-kanak
Penumpukan lemak bisa dimulai di bawah usia 10 tahun, apalagi asupan makanan favorit anak-anak sekarang sangat tidak sehat (junk food). Dokter menyarankan pemeriksaan kolesterol sejak usia 9 tahun.

7.    Kolesterol meningkat seiring usia
Jumlah kolesterol  meningkat seiring pertambahan usia, hal ini terutama berlaku pada wanita. Umumnya pria lebih cenderung memiliki kolesterol tinggi tapi ketika menginjak usia 60 tahun, wanita justru cenderung memiliki kolesterol yang lebih tinggi dibanding pria.

Bagaimana pun jumlah kolesterol dalam tubuh sebenarnya bisa dikendalikan. Olahraga teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen untuk membantu mengendalikan kolesterol tubuh. Konsumsi hemaviton Cardio yang tidak hanya menurunkan tetapi juga mencegah kolesterol masuk ke dalam darah. Konsumsi pada saat atau setelah makan agar phystosterol di dalamnya dapat bekerja efektif mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus dan saluran darah sekaligus membuatnya langsung dikeluarkan melalui feses. Risiko penyakit jantung dan kardiovaskular pun dapat diminimalisasi. Kendalikan juga makanan yang kamu konsumsi ya, kalau penasaran apa saja yang terkandung dalam menu yang kamu santap, kamu bisa cari tahu di infood graphic.

Foto: Shutterstock