Jangan Kaget Kalau Kamu Harus Hindari Kombinasi Makanan Berikut Ini!

Friday, 11 November 2016

Menginjak usia tertentu, sudah lazim jika mulai muncul banyak aturan dan tuntutan untuk menjaga kesehatan. Terutama jika sudah tervonis berbagai penyakit degeneratif seperti kolesterol dan diabetes.

Sebenarnya sejak usia muda pun setiap orang seharusnya sudah mulai sadar untuk menganut gaya hidup sehat, karena hidup sehat semasa muda akan mempertahankan kondisi fisik tetap fit di usia senja.

Salah satu faktor gaya hidup yang penting untuk kita perhatikan adalah alias jumlah dan pilihan diet makanan atau minuman yang diasup. Pilihan diet yang salah akan sangat berpengaruh ke sistem tubuh, dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Untuk mencegahnya mari kita teliti lagi pilihan diet kita, apakah kita suka makan kombinasi lauk berikut ini. Kalau iya, segera hindari! :

Cumi/Udang Goreng Mentega dan Rendang Sapi
Saat makan malam bareng keluarga, tak terasa berbagai macam lauk yang tersedia di satu meja. Bisa saja lauk seperti seafood goreng mentega seperti disajikan berdampingan dengan rendang sapi. Asal tahu saja, mentega serta santan adalah bahan-bahan makanan dengan kolesterol paling tinggi lho. Belum lagi udang dan cumi yang mengandung 160 mg kolesterol per 100 gram sajian. Untuk daging sapi, kolesterolnya mencapai 105 mg per 100 gram sajian, jika dimasak dengan santan, bisa bertambah hingga sekitar 290 mg per 100 gram sajian. Hati-hatilah dalam mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi seperti ini.

Sate Kambing dan Emping Melinjo
Daging dan gajih kambing yang dimasak menjadi sate sudah lama diketahui bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Totalnya bisa mencapai 200 mg kolesterol dalam 100 gram sajian. Lebih besar porsi sate kamu, makin bahaya nih! Belum lagi kalau ditemani renyahnya emping melinjo. Melinjo mengandung kadar zat purin yang sangat tinggi ketika digoreng, sehingga akan berbahaya untuk yang memiliki penyakit asam urat dan darah tinggi. Apalagi jika empingnya asin, kadar garamnya bisa memperparah penyakit darah tinggi! Lebih baik jauh-jauh deh dari kombinasi yang ini.

Santan Opor Ayam dan Sambal Goreng Ati
Salah satu kombinasi makanan yang tidak sehat adalah santan dan jeroan. Ini bisa kamu temui kalau kamu mencampur lauk opor ayam dan sambal goreng ati. Santan yang jadi bahan opor sendiri mengandung 85 mg kolesterol per 100 gram sajian. Jika santan berbentuk kental seperti di kuah opor, maka akan lebih banyak lagi jumlah kolesterolnya. Apalagi kalau ditambah dengan sambal goreng ati. Sebenarnya sambal gorengnya sendiri tidak masalah, jadi kalau bisa, pisahkan jeroan ati dan ampela di dalamnya. Ada baiknya juga kamu perhatikan dengan minyak apa sambal goreng ini dimasak. Kalau ada kandungan menteganya, lebih baik ditolak saja. Soalnya mentega mengandung 300 mg kolesterol per 100 gram sajian lho!

Bayam dan Olahan Kedelai
Bayam memang kaya dengan nutrisi yang penting seperti protein, serat, vitamin, mineral, dan lutein. Namun bayam juga tinggi senyawa oksalat yang bisa berikatan dengan kalsium dan mendorong pembentukan batu ginjal. Jadi untuk kamu yang punya masalah batu ginjal lebih baik batasi konsumsi sayur bayam ya. Menu ini biasa disajikan dengan tahu atau tempe goreng, tetapi ternyata ini efeknya kurang baik lho! Kedelai dalam tahu dan tempe punya banyak manfaat seperti mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah. Tetapi kalau terlalu banyak, juga bisa tidak sehat. Kedelai memiliki senyawa yang bisa mencegah penyerapan zat besi dalam tubuh. Akibatnya risiko terkena anemia akan meningkat jika kamu sehari-hari mengonsumsi tahu dan tempe dalam jumlah banyak.

BBQ Sosis/Burger, dan Yogurt
Daging olahan seperti sosis, daging patty burger, sampai daging kalengan, semuanya diproses dengan berbagai macam cara termasuk diberikan pengawet yang mengandung senyawa nitrat. Saat dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar, bagian yang gosong menghitam tidak boleh dimakan karena merupakan karsinogen alias pemicu kanker. Yang makin jadi masalah adalah ketika senyawa nitrat ini bertemu dengan asam organik seperti yang terdapat pada susu asam yogurt. Senyawa nitrat  akan bereaksi dengan asam membentuk senyawa Nitrosamine yang merupakan karsinogen berbahaya. Sebuah peternakan di Norwegia mengalami kasus yang membuka mata dunia akan bahaya Nitrosamine. Hewan ternaknya terkena kanker setelah diberi makan awetan ikan herring. Di Amerika, senyawa nitrat dalam olahan daging sangat dibatasi oleh pemerintah sebagai upaya menekan jumlah kasus kanker. Segera minum hemaviton Cardio jika menu ini jadi makanan favoritmu ini ya!