Jamu Mana yang Pas dengan Kebutuhanmu

Wednesday, 02 September 2015

Jamu tidak selalu pahit. Manfaatnya juga baik untuk tubuh. Ramuan tradisional berbahan alami warisan dari nenek moyang  ini resepnya sejak dulu dipakai untuk tujuan kesehatan. Jamu juga dipercaya menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tapi banyaknya varian jamu sering membingungkan ya. Jamu apa sih yang paling pas untuk dikonsumsi dalam kondisi tertentu? Berikut manfaat dari berbagai varian jamu yang dapat kita rasakan.

Jamu Beras Kencur

Dengan rasanya yang manis dan segar, jamu beras kencur mempunyai banyak penggemar di Indonesia. Sesuai dengan namanya, jamu ini terbuat dari bahan pokok beras dan kencur. Seringkali, gula merah, kunyit, dan jahe juga akan ditambahkan ke dalam resep. Jamu ini bermanfaat untuk mengobati pegal-pegal, menambah energi, dan juga meningkatkan nafsu makan.

Jamu Kunyit Asam

Jamu ini sangat direkomendasikan kepada para wanita karena mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Antara lain, memperlancar sirkulasi darah saat sedang datang bulan, mencerahkan warna kulit, meredakan panas dalam, serta menurunkan berat badan. Bahan utama racikan ini adalah kunyit, buah asam, temulawak, dan perasan jeruk nipis.

Jamu Pahitan

Jamu pahitan, seperti namanya, memang rasanya pahit karena merupakan hasil dari rebusan sambiloto. Walaupun begitu, jamu ini banyak manfaatnya! Jamu pahitan ini dikenal berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengatasi perut kembung, dan menghilangkan bau badan. Kalau kamu tidak tahan pahit, kamu boleh minum jamu lain yang rasanya manis, seperti jamu kunyit asam, setelahnya untuk penawar pahit.

Jamu Cabe Puyang

Sering disebut juga oleh para penjual sebagai ‘jamu pegal linu’, jamu tipe ini ampuh untuk mengatasi pegal-pegal , kram, dan capek. Cocok sekali untuk diminum sehabis bekerja atau berolahraga. Bahan baku jamu cabe puyang ini adalah cabe jamu dan rimpang lempuyang.

Jamu Kunci Suruh

Untuk para wanita, selain minum jamu kunyit asam, kamu juga harus mencoba jamu kunci suruh. Jamu ini berkhasiat untuk mengembalikan bentuk tubuh yang ‘melar’ akibat melahirkan, meredakan keputihan, serta menguatkan gigi. Bahan dasar jamu ini adalah antara lain rimpang kunci, daun sirih, dan kencur. Untuk rasa yang lebih manis, kamu bisa menambahkan gula merah, sedikit garam, dan perasan jeruk nipis.

Foto: Shutterstock