Ini Kaitan Antara Kesehatan dan Kebahagiaan

Tuesday, 05 April 2016

Kesehatan sudah jelas memengaruhi kebahagiaan seseorang. Tentunya semua orang akan lebih bahagia jika tubuhnya sehat dan terbebas dari penyakit, bukan? Tetapi ternyata kebahagiaan seseorang pun bisa memengaruhi kesehatannya, bahkan orang yang bahagia terbukti bisa hidup lebih lama.

Bahagia = Lebih Sehat

Menurut Laura Kubzansky, seorang profesor dari Harvard School of Public Health, hal tersebut berkaitan dengan pikiran positf yang dimiliki orang-orang yang berbahagia. Seperti dilansir dari situs resmi HSPH, sebuah penelitian yang melibatkan 6000 orang berusia 25 – 74 tahun selama 20 tahun menunjukkan bahwa orang yang hidupnya penuh gairah dan harapan, memiliki risiko serangan jantung lebih kecil. Sementara orang-orang yang optimis secara umum terbukti memiliki kondisi kesehatan lebih baik dan jarang terkena penyakit 30 tahun kemudian.

Raih Kebahagiaanmu

Ada berbagai cara untuk meraih kebahagiaan hidup, stabilitas finansial, kesempatan meraih pendidikan, dan kebebasan untuk menentukan pilihan dalam hidup adalah beberapa diantaranya. Selain itu dukungan dari keluarga dan teman-teman juga dapat membantu. Profesor Laura Kubzansky juga menambahkan bahwa setiap orang harus menemukan cara ‘me time’-nya sendiri. Misalnya bermain musik, membaca buku, atau apapun yang membuatmu terfokus pada hal yang kamu sukai tanpa memikirkan kekhawatiran-kekhawatiranmu. Dengan memiliki pikiran positif dan perasaan bahagia, maka kamu akan terhindar dari stres dan tubuh akan lebih sehat. Tentu saja gaya hidup sehat juga harus diterapkan lewat makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, dan jangan lupa mengonsumsi vitamin.

Foto: Shutterstock