Ibadah Plus dengan Aktivitas Plus Selama Puasa

Wednesday, 22 July 2015

Puasa tidak hanya sekedar menahan haus dan lapar saja, tetapi juga saat yang pas untuk menambang pahala dan kebaikan. Jadi daripada tidur sepanjang hari menunggu waktu buka tiba, lebih baik lakukan aktivitas plus yuk agar ibadah kamu juga semakin mantap di bulan ini. Apa saja yang bisa dilakukan?

Garage Sale
Kumpulkan buku-buku layak baca yang kamu punya namun tak pernah lagi ditengok ulang, pakaian layak pakai, sepatu, dan sebagainya. Sumbangkan pada mereka yang membutuhkan. Kalau mau lebih seru kamu bisa ajak teman-teman melakukan hal serupa dengan membuat garage sale dari barang-barang tersebut. Kamu bisa melakukan dua aksi sosial sekaligus. Membantu orang-orang kurang mampu mendapatkan barang layak pakai dengan harga murah, sekaligus menyumbangkan keuntungannya pada panti asuhan.

Gabung komunitas sekitar
Saatnya berbaur dengan lingkungan sekitar kamu. Ubah yuk kebiasaan berdiam diri di rumah saja tanpa mengenal tetangga. Saat tarawih tiba mulailah berkenalan dengan komunitas di masjid. Biasanya banyak aktivitas yang membutuhkan volunteer anak-anak muda yang energik. Menyiapkan buka puasa untuk pengurus masjid atau musafir yang sedang berkunjung ke masjid, membantu menyiapkan tarawih, pengajian anak-anak, sampai membangunkan sahur pasti bikin ibadah kamu lebih seru.

Have Fun!
Bikin happy juga hari-harimu dengan aktivitas yang playful seperti ikutan kuis-kuis seru di social media, siapa tahu keberuntungan menyertai kamu. Di bulan Ramadan biasanya jam kerja jadi lebih singkat. Ada waktu luang yang tersedia tuh, tantang diri kamu untuk melakukan hal-hal yang selama ini selalu tertunda. Bertemu teman lama, terjun ke dapur ngobrol sama ibu sambil siapin menu berbuka, atau mendekorasi ulang kamarmu.

Ringan Tangan
Ulurkan tanganmu untuk meringankan beban orang lain. Jangan segan bantu rekan kerja atau teman kuliahmu yang butuh pertolonganmu untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka.Tidak usah menunggu diminta, tidak ada ruginya kok, bahkan banyak ahli setuju kalau membantu orang lain tidak hanya membuat mereka tersenyum senang, tetapi juga bisa bikin kamu bahagia.

Setiap aktivitas plus yang dilakukan di bulan puasa, mengharuskan kamu tidak hanya memiliki stamina yang bagus tapi juga pikiran yang fokus.Konsumsi multivitamin yang sesuai dengan kebutuhanmu agar stamina tubuh dan konsentrasi tetap terjaga meskipun sedang berpuasa.

Ramadan memang momen pas untuk memulai kebiasaan baik, jangan sia-siakan ya. Mulai aktivitas plus kamu dari sekarang!