Hobi Ngemil Makanan Mengandung MSG? Ini Alternatifnya!

Wednesday, 10 February 2016

Ngemil sambil bekerja atau menonton televisi memang mengasyikkan. Apa camilan favoritmu? Keripik kentang aneka rasa? Macaroni kering dengan taburan bubuk pedas? Atau bahkan mi instan? Katanya sih keseringan mengonsumsi MSG tidak baik untuk kesehatan. Benarkah?

Penambahan MSG atau monosodium glutamat pada makanan dapat membuat makanan terasa lebih lezat. Meski dianggap aman oleh FDA (badan pengawas obat dan makanan Amerika) namun bagi mereka yang sensitif terhadap MSG, mengonsumsi makanan yang mengandung MSG bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan seperti sakit kepala, jantung berdebar, mual, hingga gangguan saraf. MSG juga disebut-sebut dapat memicu obesitas karena dapat menimbulkan kecanduan rasa sehingga ingin terus mengonsumsi makanan tersebut. Nah agar acara ngemil kamu tidak mengganggu kesehatan yuk ganti cemilanmu dengan yang lebih sehat. Ini yang bisa kamu lakukan!

1. Suka kentang goreng? Coba alternatif tak kalah lezat dengan irisan ubi yang diperciki olive oil lalu dipanggang hingga agak kecoklatan. Lemak jahat pada ubi panggang cenderung lebih sedikit dan berita baiknya juga mengandung beta-carotene untuk kesehatan matamu. 
2. Ganti popcorn bertabur garam dan butter kamu dengan keripik kale panggang. Campurkan daun kale (sayuran hijau yang populer di Eropa, Amerika, Jepang ini bisa kamu peroleh di supermarket besar) dengan lemon atau olive oil dan sedikit garam, panggang hingga pinggirannya berwarna kecokelatan.
3. Daripada ngemil keripik kentang, coba rebus secangkir edamame dengan taburan garam laut. Cemilan kamu pun mengandung serat dan protein yang lebih baik.
4. Kalau kamu suka mi instan, coba ganti dengan cereal atau buat sendiri sup ayam sebagai pengantinya.
5. Terbiasa menyediakan stok camilan berbagai merek di mejamu? Yuk ganti dengan camilan yang kamu kemas sendiri. Masukkan almond, chocolate chips, dan buah-buahan yang dikeringkan ke dalam satu kantung plastik dan taruh di laci mejamu. 

Foto: Shutterstock

Related Article

WORKLIFE

Cara Menjaga Stamina Agar Tetap Sehat dan Produktif di Lingkungan Kerja yang Sibuk

Kehidupan lingkungan kerja yang sibuk merupakan tantangan besar yang harus dihadapi oleh pekerja kantoran....

SELENGKAPNYA
ACTIVE

Agar Tetap Produktif, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Kebiasaan Hidup Sehat Berikut Ini!

Berbarengan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi lengkap, olahraga secara rutin juga merupakan cara...

SELENGKAPNYA