Cari Tahu Kelebihan Buah-buahan Citrus

Monday, 17 July 2017

Coba deh kamu sebutkan buah-buahan dari keluarga citrus. Selain jeruk dan lemon, ada juga buah kumquat, pomelo, grapefruit, limau, dan lain-lain. Banyak sekali jenisnya, bukan? Setiap jenis memiliki keisitimewaan tersendiri baik dari segi rasa maupun khasiatnya. Yuk ketahui apa saja!

  • Bisa mencegah obesitas dan diabetes

Kamu percaya nggak walaupun makanan kamu tinggi lemak dan tinggi gula, kamu bisa tetap sehat dengan rajin makan jeruk? Sebuah percobaan yang dihelat Western University London menunjukkan hasil yang serupa. Ditemukan bahwa senyawa flavonoid nobiletin yang diambil dari jeruk tangerine alias jeruk keprok mampu menjaga berat badan, kadar glukosa serta insulin agar tetap stabil walaupun telah makan makanan manis serta berlemak!

  • Menurunkan risiko stroke
    Sebuah studi jangka panjang yang dipublikasikan di jurnal Stroke milik Asosiasi Jantung Amerika menunjukkan bahwa dari 70.000 wanita, mereka yang secara teratur mengonsumsi jeruk dan grapefruits memiliki risiko masalah stroke terkait sumbatan pembuluh darah yang  lebih rendah 19%.
  • Kaya akan Vitamin C
    Vitamin C adalah salah satu agen antioksidan yang sangat ampuh untuk melawan radikal bebas. Makanya kamu butuh Vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuh kamu! Selain itu setiap hari kamu harus mengasup Vitamin C untuk menjaga kecantikan kulit, melawan penuaan dini, serta menjaga kesehatan pencernaan. Bahkan dipercaya, makan 1-2 jeruk setiap harinya akan bantu memperpanjang umur kita!
  • Aromanya bisa meredakan stres
    Senyawa wangi linalool yang terdapat pada jeruk bisa mempengaruhi struktur kimia dalam tubuh kita sedemikian rupa sampai tingkat stres pun makin menurun. Kamu bisa coba sendiri khasiatnya dengan minyak untuk aromaterapi (essential oil) dengan wangi jeruk yang menyegarkan! Jangan kaget kalau nanti kamu bisa jadi lebih rileks dan tenang.

Sayangnya vitamin C pada jeruk cenderung rentan untuk rusak, soalnya vitamin C ini sensitif terhadap cahaya dan suhu panas. Hanya dengan memblendernya dalam bentuk jus saja, bisa menurunkan kualitas nutrisi jeruk ini sendiri. Tapi tenang saja guys! Manfaat vitamin C yang sangat tinggi pada jeruk bisa kamu temukan juga dalam hemaviton C1000 yang hadir dengan rasa Lemon & Orange yang segar!