Cara Menjaga Kesehatan Mata untuk Penderita Diabetes

Thursday, 28 September 2017

Seiring waktu, gula darah tinggi bisa merusak pembuluh darah di mata kamu. Kondisi ini disebut dengan istilah diabetic retinopathy. Gula darah tinggi juga bisa menyebabkan katarak dan glaukoma terjadi lebih dini jika kamu menderita diabetes. Oleh sebab itu, jika kamu penderita diabetes atau orang yang memiliki potensi besar diabetes, berikan perhatian lebih untuk kesehatan mata kamu dengan cara di bawah ini.

Rutin periksa mata

Jadwalkan janji temu dengan dokter mata setidaknya setahun sekali agar masalah bisa terdeteksi lebih awal dan dapat segera diobati. Dokter mata akan melakukan pemeriksaan dengan menggunakan tetes mata khusus untuk melebarkan  pupil dan memeriksa pembuluh darah di mata untuk mengetahui tanda-tanda kerusakan awal.

Awasi kadar gula darah

Jaga agar gula darah terkendali. Dengan begitu kamu bisa memperlambat kerusakan pada pembuluh darah kecil di mata. Beberapa kali dalam setahun, kamu harus menjalani tes darah A1c. Ini menunjukkan kadar gula darah tubuhmu selama 2 atau 3 bulan terakhir. Hasilnya dapat dikatakan aman apabilan berada sekitar 7% atau kurang. Untuk membantu menjaga kadar gula darah agar tetap di batas aman, minum hemaviton GluCare setiap hari. Kandungan Chromium Nicotinate, Zinc, dan Vitamin serta Mineral di dalamnya penting untuk menjaga kadar gula darah kamu. Chromium Nicotinate bisa membantu meningkatkan sensitivitas jaringan tubuh terhadap insulin sehingga jaringan tubuh dapat menyerap gula darah dan mengubahnya menjadi energi sehingga kadar gula dalam darah tetap terjaga.

Cek tekanan darah dan kolesterol

Selain kadar gula darah, cek juga tekanan darah kamu. Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes, maka kamu harus lebih berhati-hati lagi dengan kesehatan. Mintalah dokter untuk memeriksa tekanan darah kamu pada setiap kunjungan. Bagi kebanyakan penderita diabetes, seharusnya kurang dari 140/80. Periksa juga seberapa banyak kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL) yang kamu miliki. Terlalu banyak LDL terkait dengan kerusakan pembuluh darah.

Ganti pola makan

Ubah pola makan kamu menjadi lebih sehat. Mintalah saran dari dokter atau ahli gizi kapan saja kamu harus makan dan apakah aman jika kamu mengonsumsi insulin.

Berhenti merokok

Merokok dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko Anda lebih mungkin mengalami masalah mata.

Rutin berolahraga

Olahraga bisa memiliki pengaruh besar pada gula darah. Jika kamu menggunakan insulin atau obat untuk menurunkan gula darah, tanyakan kepada dokter kapan kamu harus memeriksa level gula darah (sebelum dan selama olahraga) tanyakan jenis olahraga apa yang harus Anda lakukan.