Cara Mengatasi Gejala Peradangan Pada Sendi Lutut dengan 5 Latihan Sederhana

Monday, 29 July 2019

Memiliki keluhan berupa gejala peradangan pada sendi lutut tentunya akan sangat memengaruhi aktivitas sehari-hari. Tidak hanya pergerakan yang akan menjadi sangat terbatas, beberapa risiko penyakit yang lebih serius pun bisa muncul jika tidak ada penanganan lebih lanjut. Selain mengonsultasikannya dengan dokter, Anda juga bisa mengatasi peradangan sendi lutut ini dengan melakukan beberapa latihan sederhana berikut ini.

Berjalan Santai

Jenis latihan sederhana yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah dengan berjalan santai. Meski melibatkan gerakan sendi lutut, namun ini termasuk olahraga dengan risiko paling rendah yang bisa dilakukan oleh orang yang mengalami peradangan pada sendi lutut, pasalnya berjalan santai tidak memberikan tekanan yang terlalu berat seperti saat Anda berlari. Berjalan santai di santai saat pagi dan sore hari selama kurang lebih 30 menit setiap harinya akan cukup membantu menguatkan otot kaki dan mengurangi rasa nyeri terutama di bagian lutut.

Berenang

Cara mengatasi peradangan pada sendi lutut selanjutnya adalah dengan berenang yang dipercaya mampu melepaskan stres pada persendian bagian lutut akibat aktivitas yang terlalu berat dalam waktu yang lama. Namun, cobalah pilih gerakan yang tidak melibatkan sendi lutut terlalu banyak, misalnya adalah renang gaya dada.

Jogging Santai

Olahraga dengan risiko rendah untu penderita peradangan sendi lutut berikutnya adalah jogging santai atau lari-lari kecil, namun pastikan untuk memerhatikan kondisi nyeri lututnya, ya. Jika memang nyerinya tidak terlalu parah, maka lari-lari kecil ini bisa membantu mengencangkan otot kaki dan mengurangi nyeri pada lutut. Namun, jika Anda memiliki riwayat cidera lutut yang cukup berat, maka pilihan yang lebih aman adalah dengan jalan santai.

Bersepeda

Selanjutnya, Anda juga bisa bersepeda santai untuk mengurangi gejala peradangan pada sendi lutut, karena gerakannya tidak memberikan beban yang terlalu berat. Sama halnya seperti jalan santai dan jogging, Anda bisa melakukannya di pagi dan sore hari selama kurang lebih 30 menit lamanya. Tak hanya menguatkan persendian, aktivitas fisik seperti ini juga sangat ampuh untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskuler Anda.

Yoga

Olahraga ringan dengan risiko rendah yang bisa Anda lakukan adalah yoga. Menggabungkan latihan pernafasan, meditasi, dan keseimbangan tubuh, yoga sangat bermanfaat untuk relaksasi, mengurangi stres, dan juga meredakan sakit lutut yang muncul akibat kelelahan setelah beraktivitas seharian. Beberapa gerakan dalam yoga yang disarankan diantaranya adalah trikonasana untuk memperkuat kaki, lutut, pergelangan kaki, serta dada. Lalu ada gomukhasana untuk melancarkan peredaran darah pada lutut dan kaki. Gerakan selanjutnya adalah vrikshasana atau ‘pose pohon’ yang juga bermanfaat untuk meredakan nyeri lutut. Namun, satu hal yang harus Anda pastikan sebelum mulai melakukan yoga adalah dengan mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter dan juga dilakukan dengan pengawasan ahli yoga untuk memastikan bahwa Anda melakukan gerakan yang benar dan mencegah terjadinya cidera.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengatasi peradangan pada sendi lutut, dukung juga beberapa latihan sederhana di atas dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen tambahan seperti hemaviton JointCare Max. Kandungan Joint Support Formula yang terdiri dari kombinasi baru Omega 3, Glucosamine, Chondroitin dan MSM mampu membantu mengurangi rasa nyeri yang timbul akibat peradangan pada sendi lutut.

Minum hemaviton JointCare Max, lutut kembali aman dan Anda pun bisa kembali bebas bergerak!