Camilan Wajib di Laci Mejamu!

Monday, 07 December 2015

Siapa bilang kerja di balik meja tidak perlu tenaga? Energi juga terkuras karena berpikir dan tekanan pekerjaan. Kalau perut terasa lapar, konsentrasi juga bisa terganggu. Siapkan selalu snack yang bisa membantu menjaga stamina dan juga konsentrasimu. Siapkan bekal sehat untuk menemani kamu beraktivitas di kantor. Jonny Bowden, nutritionist dan penulis buku Living Low Carb: Controlled-Carbohydrate Eating for Long Term Weight Loss menyarankan makanan yang mengandung protein, lemak, dan serat yang mengandung 200 kalori atau kurang. Apa saja yang bisa kamu siapkan?

1. Telur rebus. Mudah dibuat, cukup mengenyangkan dan selain mengandung protein tinggi, jumlah kalorinya hanya 70 saja.

2. Dua belas butir kacang almond mengandung 184 kalori dan omega 9 fatty acid yakni jenis lemak yang juga ditemukan dalam minyak zaitun dan menyehatkan jantung.

3. Setengah potong avokad mengandung serat yang tinggi sekaligus mengenyangkan perutmu.

4. Cereal kering. Menurut Nicole Maftoum, pakar diet klinis, mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah seperti dapat melepaskan glukosa ke aliran darah secara perlahan dan bertahap sehingga meminimalisasi terjadinya lonjakan gula darah dan mengoptimalkan kinerja otak dan kemampuan fokus.

5. Ganti keripik kentang penuh garam kamu dengan sayuran yang renyah seperti wortel, seledri, brokoli mentah. Jika belum bisa menikmatinya, coba celupkan saus salsa atau hummus. Sayuran mentah dapat membuatmu tetap siaga karena kaya air dan serat.

6. Pisang beku adalah pengganti dahagamu akan eskrim. Pisang sangat kaya zat yang membantu otak kamu bekerja dengan maksimal.

Perut kenyang, konsentrasi pun kembali datang. Selamat bekerja!

Foto: Shutterstock