Bahan Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes

Wednesday, 07 February 2018

Bagi penderita diabetes, mengontrol pola dan asupan makanan adalah suatu keharusan, hal ini untuk menjaga kadar glukosa dalam darah agar tetap stabil. Keseimbangan kadar glukosa dapat menjamin ketersediaan insulin, yang berpengaruh juga mencegah munculnya komplikasi dan gangguan pada pembuluh darah, yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung.

Penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi tidak hanya makanan dengan Indeks glikemik (GI) rendah, tetapi juga yang dapat menutrisi kebutuhan tubuh dan tidak menyebabkan inflamasi serta rendah lemak. Berikut beberapa makanan terbaik yang dapat mengurangi bahaya dari diabetes, diantaranya;

#1: Blueberry

Dikenal juga sebagai ‘diabetes superfood’, buah yang satu ini mengandung serat dan antioksidan yang mampu melarutkan lemak, serta mengontrol kadar gula darah. Ini karena buah blueberry mengandung antosianin, yaitu senyawa kimia alami yang dapat membantu menstimulasi produksi adiponektin, atau hormon yang membantu mengatur kadar glukosa.

#2: Kacang Kenari

Penelitian menunjukkan jenis kacang yang dikenal sebagai walnut ini mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan inflamasi atau peradangan. Selain kandungan tersebut, kacang kenari juga kaya akan serat, L-arginin, Omega 3, vitamin E serta senyawa fiktokimia. Kandungan tersebut tidak hanya baik bagi penderita diabetes, tetapi juga baik untuk mencegah kanker, kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

#3: Dark Chocolate

Kandungan kakao 60% pada dark chocolate memiliki antioksidan yang lebih tinggi dari cokelat olahan yang banyak beredar di pasaran. Selain itu kandungan polifenol dalam dark chocolate mampu mencegah diabetes, hipertensi dan jantung. Kandungan lainnya yang bermanfaat adalah,  flavanoids yang tentunya dapat menjaga insulin berkerja secara baik, sehingga diabetes yang Anda miliki tetap dapat terkendali.

#4: Minyak Zaitun

Tidak seperti minyak sayur, olive oil dapat membantu menurunkan resiko penyakit diabetes dengan mencegah resistensi insulin, serta mengatasi lipoprotein yang dapat menyebabkan timbunan lemak jahat dan meningkatkan resiko diabetes. Mulai sekarang, ganti minyak Anda dengan minyak zaitun!

#5: Kunyit

Kandungan curcumin dalam kunyit dapat mengontrol resistensi insulin, kadar gula darah tinggi, kolesterol, serta penyakit lain yang terkait dan mengakibatkan kegemukan. Selain itu, curcumin berkerja aktif pada sel lemak, sel pankreas, sel ginjal serta sel otot dengan meredakan peradangan serta mencegah tumor.

#6: Bayam

Salah satu jenis sayuran yang wajib dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah sayur bayam. Mengonsumsi bayam yang kaya magnesium dapat membantu menstabilkan gula darah Anda dan mengurangi resiko diabetes. Selain itu,sayuran hijau ini memiliki kandungan seperti vitamin K dan float, potasium, fosfor, seng serta lutein. Kandungan senyawa lutein juga dapat membantu menormalkan kadar glukosa yang ada dalam tubuh.

#7: Kayu Manis

Rempah yang satu ini mengandung polifenol, antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mampu menurunkan peradangan, sehingga menjaga dan menghindarkan Anda dari diabetes sekaligus penyakit jantung. Bagi penderita diabetes sendiri, kandungan yang terdapat pada kayu manis dapat menjaga hingga menurunkan kadar gula darah.

#8: Ikan

Tidak hanya kaya akan kandungan protein, ikan juga memiliki kandungan asam lemak omega 3, yaitu kelompok lemak tak jenuh yang diperlukan tubuh, atau dikenal juga sebagai lemak esensial. Bagi penderita diabetes asam lemak omega 3 ini dapat meredakan inflamasi (peradangan).

Diet gula dengan makanan sehat, gizi dan vitamin seimbang serta asupan teratur, tentunya baik untuk mejaga gula darah dalam tubuh,  terutama bagi Anda yang mengalami diabetes. Namun, bagi yang ingin terhindar dari diabetes pun dapat mengonsumsi makanan sehat dengan kadar gula rendah  dan lemak tak jenuh ini.

Selain itu sebaiknya imbangi diet Anda dengan rutin mengonsumsi hemaviton GluCare.  Kandungan Zinc, Vitamin, Mineral, dan Chromium Nicotinate dapat membantu meningkatkan sensitivitas jaringan tubuh terhadap insulin sehingga gula darah terjaga!