Aturan Makan Buah Untuk Penderita Diabetes

Wednesday, 19 April 2017

Banyak penderita diabetes yang bertanya-tanya amankah jika mengonsumsi buah? Sebab, meski diketahui memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, kandungan gula pada sebagian buah-buahan juga cukup tinggi. Menurut American Diabetes Association (ADA), buah-buahan sarat dengan vitamin, mineral, dan serat dan harus menjadi bagian dari pola diet penderita diabetes. Hanya saja, kamu perlu memperhatikan porsinya agar tidak berlebihan. Berikut ini adalah jenis buah-buahan yang dianjurkan untuk penderita diabetes.

Berry sebagai Antioksidan

Keluarga buah berry—strawberry, blueberry, dan blackberry—adalah superfood untuk penderita diabetes karena mengandung antioksidan, vitamin, dan serat. Untuk menikmatinya, kamu bisa mencampurkannya dengan plain yogurt dan jadikan sebagai menu sarapan sehatmu.

Cherry untuk mencegah pembengkakan

Buah cherry bisa membantu mengurangi pembengkakan yang kerap dialami oleh penderita diabetes. Selain itu cherry juga mengandung cuka asam dan antioksidan yang dapat membantu melawan penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya. Mungkin kamu lebih sering menemukan cherry dalam kemasan kaleng. Jangan lupa periksa dulu kadar campuran gulanya, ya!

Apel sumber vitamin

Mengonsumsi satu apel per hari benar-benar memberi manfaat kesehatan untuk tubuh. Apel kaya dengan serat dan vitamin C. Saat makan apel, jangan kupas kulitnya ya! Sebab, kulit apel adalah sumber antioksidan.

Jeruk sebagai vitamin C

Vitamin C jelas menjadi nutrisi yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, jeruk relatif mudah ditemukan dan rasanya juga disukai oleh hampir semua orang. Jeruk juga mengandung folat dan potasium, yang dapat membantu menormalkan tekanan darah. Agar tidak bosan, kamu bisa mengombinasikan jeruk dengan buah-buahan citrus yang lainnya.

Pir untuk kebutuhan serat

Buah pir ternyata baik untuk pencernaan karena kaya serat. Selain itu pir juga memiliki kandungan vitamin K yang tinggi sehingga baik untuk tulang dan juga menurunkan risiko diabetes.

Kiwi yang rendah karbohidrat

Selain segar dan lezat, kiwi adalah sumber potasoim, serat, dan vitamun C. Lebih baiknya lagi, kiwi sangat rendah karbohidrat (hanya sekitar 13g) sehingga aman untuk penderita diabetes.

Pastikan kebutuhan vitamin dan serat kamu terpenuhi dari buah-buahan di atas. Jangan lewatkan mengonsumsi sebutir kapsul hemaviton GluCare agar kadar gula darahmu tetap stabil dan terhindar dari risiko diabetes.