7 Habits To Stay Fit

Monday, 29 February 2016

Ketika musim flu menyerang, ada lho beberapa orang yang tidak terpengaruh dan tetap fit meski di sekelilingnya banyak orang kepayahan berkutat dengan tisu, inhaler, dan syal tebal yang mengikat leher. Tubuh fit tidak didapat begitu saja. Melakukan kebiasaan sehat seperti berikut adalah kunci agar tubuhmu selalu fit kapan saja dan di mana saja: 

1. Tidak mengabaikan istirahat
Orang yang sehat tidak pernah merasa sok kuat dan mengabaikan perlunya istirahat. Tidur adalah aktivitas yang baik untuk menguatkan sistem imun tubuh, metabolisme, bahkan regenerasi sel untuk memperlamban penuaan.

2. Senang berjalan kaki
Berhenti di halte dan harus berjalan sedikit jauh ke tempat tujuan bukan masalah bagi orang yang fit. Kebiasaan berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah sehari membuat tubuh lebih segar, lho.

3. Mengetahui aturan makan
Mereka yang fit mengonsumsi semua zat gizi yang diperlukan tubuh dan menjadikannya gaya hidup. Sayur, buah, daging, ikan, kacang-kacangan hingga kue-kue manis dan snack yang gurih mereka konsumsi sesuai kebutuhan dan aturan main yang benar. Mereka makan pada waktu yang ditentukan dan dalam porsi yang wajar. 

4. Mendengarkan sinyal tubuh
Mereka yang fit melakukan medical check up kesehatan secara periodik untuk memerhatikan apa yang terjadi pada tubuh mereka. Mengatasi keluhan sedini mungkin bisa mencegah penyakit berkembang sebelum parah.

5. Membatasi gadget
Gadget  bisa mengganggu kesehatan. Selain sinarnya yang dapat menunda kamu untuk bisa cepat terlelap di malam hari, kebiasaan menunduk dan membungkuk saat menggunakan gadget juga bisa mengganggu kesehatan tulang dan persendian. Mereka yang fit tahu kapan harus menjauh dari gadget dan melakukan aktivitas di dunia nyata.

6. Berpelukan 
Berpelukan dengan orang terdekat bisa melepaskan hormon kebahagiaan yang mengurangi stres. Stres sendiri jika dibiarkan bisa memengaruhi daya tahan tubuh. Tidak sedikit penyakit yang muncul karena pengaruh stres, misalnya saja penyakit kardiovaskular. 

7. Aktif 
Aktivitas fisik bukanlah beban bagi orang-orang dengan tubuh fit. Mereka selalu menjadikan olahraga adalah saat yang menyenangkan. Tidak adanya beban untuk berolahraga, membuat mereka tidak pernah malas melakukannya.

Foto: Shutterstock