7 Cara Ubah Pola Makan Lebih Sehat di Tahun yang Baru

Tuesday, 16 January 2018

Momen awal tahun adalah momen yang cocok untuk kembali mengencangkan ikat pinggang demi mendapatkan berat badan dan kesehatan ideal. Kamu bisa ikuti resolusi pola makan sehat di tahun baru ini! Why not? Untuk mencapai goal yang satu ini bisa kamu mulai dengan cara mengubah pola makan sehari-hari. Hindari juga makanan cepat saji dan perbanyak konsumsi vitamin dan serat yang tentunya baik bagi kesehatan! Selain itu, ada beberapa suggestion untuk pola makan sehat yang bisa kamu pilih dan coba terapkan di tahun baru 2018 ini :

1. Sarapan Bernutrisi

Bangun lebih pagi untuk menyiapkan sarapan pagi, pastinya sangat sulit untuk sebagian orang yang memiliki jam kerja tinggi atau tinggal cukup jauh dari kantor. Akhirnya sarapan yang seharusnya wajib di pagi hari jadi harus terlewati. Padahal seperti yang Anda tahu, sarapan pagi itu sangat penting. Agar lebih praktis, Anda bisa coba mengonsumsi campuran oatmeal dan smoothies (overnight oats) yang pastinya baik untuk kesehatan tubuh karena rendah lemak, namun kaya vitamin dan nutrisi.

2. Say Bye Bye Pada Gula

Ketika Anda berkomitmen untuk mendapatkan berat badan ideal dalam kurun waktu tertentu, Anda harus benar-benar menghentikan konsumsi gula. Hindari penggunaan gula pada masakan, kopi, teh, dan minuman lainnya. Awalnya mungkin akan terasa sulit untuk dilakukan. Tapi cara ini memang efektif untuk membantu mendapatkan berat badan ideal.

3. Perbanyak Minum Air Mineral

Air putih atau mineral berkhasiat untuk memperbaiki metabolisme tubuhmu, sehingga sistem pencernaan dan aliran darah juga menjadi lebih lancar. Jika ternyata Anda tipe yang tidak menyukai minum air mineral, coba saja membuat dan minum infused water, yaitu air mineral yang dapat ditambahkan irisan buah-buahan yang disukai.

4. Camilan Sehat

Bagi Anda yang tidak bisa melawatkan snack time tetap bisa melanjutkan kebiasaan ini kok, tetapi ganti camilan berkalori Anda dengan yang lebih sehat dan rendah lemak. Ganti camilan dengan kacang-kacangan, dark chocolate, yogurt, kacang almond, soy bar, atau potongan buah-buahan.

5. Cermati Asupan Kalori

Makanan yang Anda beli di luaran memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi, karenanya cermati asupan kalori yang dikonsumsi. Menurut standar asupan kalori National Health Service di Inggris, normalnya untuk pria disarankan mengonsumsi 2500 kkal per hari dan untuk wanita 2000 kkal per hari.

6. Katakan Tidak pada Minuman Bersoda dan Alkohol!

Apakah cuaca panas atau makanan pedas seringkali membuat kamu memilih minuman segar seperti soda? Pastikan pada tahun ini kurangi kebiasaan tersebut. Biasakan untuk memesan air mineral atau teh tawar, yang pastinya rendah kalori. Selain itu kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol juga harus distop. Karena meskipun minuman beralkohol tidak memiliki kandungan lemak, tetapi dapat menambah sekitar 7 kkal (kalori) ke tubuhmu.

7. Konsumsi Multivitamin

Selain mengonsumsi makanan sehat, ada baiknya pola makan kamu didukung oleh multivitamin yang juga dapat menurunkan kolesterol, kamu bisa minum hemaviton Cardio. Kandungan phytosterol yang terkandung dalam hemaviton Cardio merupakan bahan alami, yang tidak hanya membantu menurunkan kolesterol tetapi juga mencegah kolesterol masuk ke dalam darah.

Jadi, apakah Anda sudah siap memulai hidup sehat dengan pola makan sehat, pada tahun yang baru ini? Kemauan yang kuat dan disiplin adalah kunci utamanya. Semoga sukses ya!