5 Jenis Makanan Ini Kaya Omega 3

Saturday, 15 December 2018

Seiring dengan bertambahnya usia, sendi mengalami degenerasi (kemunduran), pelumas sendi semakin berkurang sehingga mengakibatkan fleksibelitas sendi menurun dan tulang rawan menjadi menipis. Apabila hal ini tidak diatasi sedini mungkin, dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri, bengkak, dan kaku pada sendi sehingga terasa sakit saat bergerak. Dalam jangka panjang, hal ini dapat mengakibatkan terjadinya Osteoarthritis (OA).

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan memperkuat sendi lewat asupan makanan bergizi, khususnya yang mengandung omega 3. Jika Anda belum tahu bahan-bahan makanan apa saja yang mengandung Omega 3, mungkin daftar berikut ini dapat membantu.

Biji Chia

Biji chia tidak hanya kaya akan Omega 3 tetapi juga vitamin, mineral dan serat. Kandungan kalsium, protein, dan magnesium di dalamnya dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, menguatkan tulang dan persendian, serta memberikan manfaat kesehatan bagi otak. Biji chia dapat dinikmati bersama jus, smoothies, dan yogurt.

Mackarel

Ikan kecil ini tidak hanya lezat dalam rasa tetapi juga sangat sehat. Selain kaya akan Omega 3 yang baik untuk sendi, ikan ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin B6 dan B12 yang sangat baik. Jika Anda kesulitan memperilah ikan mackarel segar, Anda juga bisa mengonsumsi ikan tuna, ikan kembung, dan ikan tenggiri yang masih merupakan satu famili (Scombridae) dan sama-sama mengandung Omega 3.

Salmon

Salmon tidak hanya kaya akan Vitamin D tetapi juga sumber asam lemak Omega 3 tingkat tinggi (EPA dan dan DHA), protein dan fosfor. Lemak ini dapat meringankan gangguan kardiovaskular seperti mengurangi peradangan. Asupan salmon dua kali atau tiga kali seminggu dapat menurunkan risiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, aritmia, emboli, dan tentu saja menjaga kesehatan persendian.

Tiram

Tiram adalah salah satu makanan paling bergizi yang bisa Anda makan. Tiram biasanya dimakan sebagai hidangan pembuka, camilan, atau makanan lengkap. Jika Anda suka, Anda dapat memakan tiram segar (mentah) yang dibumbui secara minimalis. Hindangan ini lazim disantap di berbagai negara. Namun jika Anda lebih menyukai tiram yang matang, tumislah dalam waktu singkat untuk mempertahankan kandungan gizinya tetap tinggi. Kandungan Omega # dalam Tiram mencapai 565mg/6 buah tiram mentah.

Kacang kenari

Tambahkan kacang kenari panggang ke dalam hidangan panggang favorit Anda, seperti pada salad dan sereal atau Anda juga bisa mengonsumsinya langsung. Manfaat gizinya sangat tinggi begitu pula kandungan Omega 3 di dalamnya. Anda bisa menjadikannya makanan camilan tanpa t khawatir berat badan Anda bertambah.

Selain makanan di atas, Anda juga bisa mengonsumsi asupan Omega 3 secara rutin lewat hemaviton JointCare Max yang memiliki Formula Joint Support yaitu Glucosamine, Chondroitin, MSM dan Omega 3. Persendian sehat, Anda pun selalu aktif bergerak.