4 Cara Mengolah Kentang

Thursday, 08 June 2017

Tahukah kamu, bahwa kentang kaya akan antioksidan? Seperti yang dilansir dari situs WebMD, dari 100 jenis makanan yang diteliti, kentang menempati urutan 17 dalam 20 besar makanan dengan kadar antioksidan tertinggi. Kentang juga adalah sumber karbohidrat yang lebih tinggi serat dibandingkan nasi. Pelajari cara mengolahnya yuk supaya makan kentang jadi lebih lezat dan nggak bikin bosen! Bukan cuma dibuat jadi perkedel, mashed potatoes, atau kentang goreng aja. Kamu juga bisa mengolahnya lewat alternatif resep praktis serta mudah berikut ini :
 

1. Au gratin
Bahan :
4 kentang besar yang diiris selebar 6cm, 1 buah bawang Bombay dicacah membentuk lingkaran, 3 Sdm mentega, 3 Sdm terigu serbaguna, 2 cups susu, 1 ½ parutan keju cheddar, lada garam secukupnya. Siapkan juga alumunium foil.

Cara membuat :
Panaskan oven ke suhu 200 ?C. Olesi permukaan pinggan masak dengan mentega dan susun lembaran kentang, tambahkan onion rings dan susun lapisan kentang yang kedua di atasnya. Bumbui dengan lada dan garam. Di wajan sedang, lelehkan mentega dalam api sedang, lalu masukkan tepung dan garam perlahan sambil diaduk rata dengan pengocok telur selama 1 menit. Kemudian masukkan susu perlahan-lahan agar tak menggumpal diikuti keju hingga leleh.  Siram saus ini ke atas lapisan kentang, tutup dengan alumunium foil, dan panggang selama 1 ½ jam.
 

2. Salad kentang
Bahan :
6 telur rebus yang dibelah dua, 10 kentang merah rebus, 1 cup mayones, ½ cup ranch dressing (opsional), 1/3 acar, 2 Sdm mustard, 1 ½ sdt garam, ¼ sdt lada hitam, sejumput bubuk paprika, sejumput potongan seledri, 1 bawang bombay dicacah
Cara membuat : Masukkan kentang rebus ke dalam kulkas dan potong dadu setelah kentang mendingin. Aduk mayones, ranch dressing, acar, mustard, lada, garam, bubuk paprika dan seledri hingga rata. Lalu masukkan telur, kentang, bawang Bombay. Aduk hingga rata dan dinginkan di kulkas selama 2 jam sebelum disajikan.
 

3. Baked potatoes
Bahan :
4 kentang ukuran besar, 8 potong bacon sapi, 1 cup sour cream, 1 cup keju cheddar, 8 batang daun bawang diiris, ½ cup susu, 4 Sdm mentega, garam lada secukupnya.
Cara membuat :
Panaskan oven ke suhu 175 ?C, jika sudah panas panggang kentang selama 1 jam. Sembari menunggu, masak bacon hingga coklat merata, tiriskan dan potong kecil-kecil. Setelah kentang matang, diamkan hingga dingin lalu belah lonjong menjadi dua. Dengan sendok, kerok daging kentangnya hingga tersisa bentuk mangkok (bagian kulit kentang dibiarkan). Campur daging kentang ini dengan sour cream, susu, mentega, lada garam, sebagian keju dan daun bawang. Aduk adonan hingga rata dan teksturnya berubah jadi creamy. Jika sudah, isi kembali "mangkuk kentang" dengan adonan ini. Tambahkan sisa keju, daun bawang, dan potongan bacon di atas adonan. Panggang 15 menit dan Baked Potatoes kamu siap disajikan!  
 

4. Sup Spesial Kentang Kornet
Bahan :
3 ½ cup parutan kentang, ¾ cup kornet potong dadu, 5 Sdm terigu serbaguna, 2 cups susu, 1/3 cup seledri, 1/3 cup irisan bawang bombay, 1-2 kotak kaldu ayam, ½ sdt garam, 1 sdt lada, 5 Sdm mentega, air secukupnya.
Cara membuat : Rebus kentang, seledri, bawang Bombay, kornet, dalam air mendidih selama 10-15 menit hingga kentang melunak. Kemudian masukkan kaldu, garam dan lada. Di wajan terpisah, lelehkan mentega dengan api kecil. Perlahan-lahan masukkan terigu sambil diaduk rata hingga campuran mengental. Kemudian masukkan susu sedikit-sedikit agar tidak menggumpal. Aduk rata hingga campuran kental selama 4-5 menit. Jika sudah mengental, campurkan saus kental ke dalam rebusan kentang kornet.