Tips Meningkatkan Energi di Jam Rawan Lesu

Monday, 15 November 2021

Harapannya setiap hari kita punya energi yang cukup untuk menjalani hari yang produktif. Namun realitanya tak selalu demikian. Berbagai faktor yang kita alami terkadang membuat energi yang kita punya tidak maksimal, khususnya di “jam rawan lesu” dimana kita merasa benar-benar kehabisan energi dan tidak termotivasi melakukan apapun. Waduh, kalau terjadi secara berulang dan berkepanjangan, bisa gawat ya! Nah, coba simak tips meningkatkan energi di “jam rawan” berikut ini ya!

Jam rawan #1

Jam rawan yang pertama adalah sewaktu kamu bangun tidur. Padahal seharusnya energi kita sudah terisi penuh setelah tidur semalaman. Namun baru bangun tidur kok sudah lelah ya? Ternyata ada beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya,  diantaranya kualitas tidur yang buruk, stress, mengonsumsi kafein terlalu dekat dengan waktu tidur, anemia, dan masih banyak lagi. Hanya kamu yang tahu persis penyebab tubuhmu terasa lelah. Namun untuk mengatasinya, cobalah cara ini:

  1. Jangan langsung bangun. Begitu membuka mata, beri waktu untuk tubuhmu beradaptasi, misalnya dengan cahaya. Tunggu sekitar 5-10 menit setelah bangun, sebelum kamu beranjak dari tempat tidur ataupun mengecek ponsel. 
  2. Jangan tunda mandi. Percaya deh, semakin menunda mandi, tubuhmu malah akan terasa lesu dan tidak segar.
  3. Jangan skip sarapan. Siapa yang sering melewatkan sarapan? Meski terburu-buru sebaiknya sarapan tidak dilewatkan. Tidak perlu makan terlalu kenyang (karena justru akan bikin kamu ngantuk setelahnya!), namun penting untuk mengisi perutmu dengan sarapan bergizi seperti roti dan buah-buahan.

Jam rawan #2

Jam rawan selanjutnya adalah setelah jam makan siang, sekitar pukul 13.00-15.00. Selain memang sudah mulai lelah bekerja dari pagi, rasa kenyang setelah makan siang kerap membuatmu semakin mengantuk. Jika hal ini terjadi, coba lakukan ini:

  1. Stretching atau berjalan di sekitar kantor. Habis makan siang, jangan langsung duduk di kursi kerja. Sebaiknya, segarkan badan dengan cara stretching ringan atau jalan kaki beberapa putaran mengelilingi gedung kantor. Cara ini akan membuat kamu merasa lebih segar.
  2. Take a short napKadang-kadang rasa ngantuk nggak perlu dilawan. Coba deh, pasang alarm selama 10-15 menit saja, dan lakukan tidur siang singkat di meja kantor. Walaupun sebentar, cara ini efektif bikin kamu segar lagi dibandingkan memaksakan diri bekerja dalam kondisi ngantuk.

Baca Juga: Ini Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Bekerja

Jam rawan #3

Setelah jam pulang kantor, sebenarnya kamu bebas mau ngapain aja, termasuk jika kamu mau langsung beristirahat. Namun nyatanya, langsung beristirahat setelah pulang kantor nggak selalu bisa dilakukan lho. Tuntutan untuk lembur, bersosialisasi, atau mungkin pekerjaan rumah tangga, bikin kamu masih harus terjaga lebih lama. Saat-saat seperti ini, coba lakukan:

  1. Dengarkan musik up beat. Pasang musik favoritmu yang bernada semangat dan bikin mood kamu ‘naik’ lagi!
  2. Cukupi kebutuhan air. Cek dulu nih kebutuhan air putihmu seharian ini, apakah sudah terpenuhi? Pasalnya kekurangan air alias dehidrasi bisa beralibat tubuh menjadi lemas dan lebih sulit fokus. Kalau masih kurang, segera minum yang banyak ya!

Gimana guys? Nggak takut lagi kan menghadapi ‘jam rawan’ lesu? Kalau perlu, kamu juga bisa menambah energi secara cepat dengan minum minuman berenergi. hemaviton Energy Drink minuman suplemen Ready to Drink untuk bantu menambah energi, menjaga stamina dan membuat badan menjadi segar terutama bagi mereka yang aktif bekerja keras. Kandungan Ginseng Extract, Vitamin B Complex, dan Taurin di dalamnya efektif mengembalikan stamina tubuh, agar kamu bisa tetap produktif sepanjang hari. Minum hemaviton Energy Drink 3x sehari bila perlu, pada pagi hari setelah sarapan, sesudah makan siang, dan di sore hari saat kamu butuh energi tambahan.