Masuk Jam Rawan Ngantuk ? Ini Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Bekerja

Friday, 23 October 2020

Dalam satu hari kerja, wajar jika kamu memiliki jam-jam produktif dan jam-jam yang kurang produktif. Kejenuhan, lelah, lapar, atau ngantuk adalah beberapa penyebab kamu menjadi kurang produktif. Untuk masalah ngantuk khususnya, memang agak sulit untuk dihindari, apalagi jika sudah memasuki jam-jam ‘rawan’ ngantuk yaitu setelah jam makan siang, hingga menjelang sore. Sebenarnya, kamu bisa kok mengatasinya. Ini cara agar tidak ngantuk saat bekerja!

But first, caffeine!

Kafein memang cara yang ampuh untuk menangkal asa ngantuk. Mungkin itu salah satu alasan menjamurnya budaya ‘ngopi’ pada masyarakat Indonesia di berbagai rentang usia, termasuk juga anak-anak muda. Namun sebenarnya, jika kamu ingin memanfaatkan kafein untuk menghilangkan ngantuk, kamu tak harus selalu mendapatkannya dari kopi. Kafein juga terkandung di dalam teh dan dark chocolate. Semakin pekat (pahit) rasanya, biasanya kandungan kafeinnya akan lebih tinggi. Jadi, silahkan penuhi asupan kafein supaya bebas ngantuk ya!

Power nap

Ada yang bilang, rasa ngantuk itu tidak perlu dilawan. Justru itu adalah sinyal dari tubuh yang mengharuskan kamu untuk beristirahat. Jadi, penuhi saja kebutuhan tubuhmu. Tidak perlu lama-lama, cukup tidur singkat selama 15-30 menit agar tubuh terasa lebih segar  (kamu bisa melakukannya setelah makan siang). Cara ini lebih efektif dibandingkan kamu memaksakan diri untuk tetap bangun namun otak tidak bisa berpikir secara optimal. Setelah power nap sesaat, kamu pun siap kembali produktif!

Minimalisir karbohidrat

Ternyata menu makan siangmu juga bisa bepengaruh pada produktivitas lho. Terlalu banyak melahap karbohidrat ternyata bisa membuat kamu lebih mudah lelah dan ngantuk. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak makan nasi atau mi ya! Lebih baik perbanyak lauk pauk yang mengandung protein tinggi, sayur, dan buah-buahan, serta cukupi kebutuhan air putih harianmu. Dengan begitu, kamu bisa berenergi lebih lama dan tidak gampang ngantuk.

Dengarkan musik upbeat

Sudah tahu ngantuk, kamu harus cari cara untuk membangkitkan semangat. Salah satunya dengan mendengarkan musik yang upbeat. Hindari musik yang terlalu tenang danmellow karena hanya akan membuatmu semakin ngantuk.

Selain cara-cara di atas  kamu juga perlu mengonsumsi suplemen tambahan yang bisa menjaga stamina sekaligus meningkatkan daya konsentrasimu yaitu hemaviton Stamina Plus. Kandungan Ginseng Extract, L-Glutamic Acid, Multivitamin dan Mineral di dalamnya mampu membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta menjaga stamina dan kesegaran tubuh. hemaviton Stamina Plus juga mengandung Vitamin C 150 mg yang penting untuk memelihara daya tahan tubuh dan antioksidan untuk meredam radikal bebas. Minumlah dua kapsul setiap hari agar stamina tubuh terjaga, pikiran tetap fokus seharian, sehingga tidak mudah lelah dan ngantuk!