Kenapa Badan Mudah Lelah dan Lemas Setelah Multitasking?

Sunday, 21 February 2021

Tanyakan pertanyaan ini ke dirimu sendiri dan jawablah, apakah kamu merasa lelah secara fisik dan mental saat melakukan beberapa tugas sekaligus? Padahal, kamu berharap multitasking bisa membuatmu menyelesaikan berbagai tugas dengan lebih cepat, namun yang terjadi justru sebaliknya. Kenapa badan mudah lelah dan lemas sat multitasking? Penjelasan berikut mungkin akan membuatmu berpikir ulang sebelum mengulabngi kebiasaan multitasking!

Mengganggu saraf otak

Dilansir dari sciencealert.com, penelitian menunjukkan bahwa menyelesaikan banyak tugas secara bersamaan saat kita 'multitasking’ sebenarnya adalah mitos karena hal tersebut tidak sepenuhnya efisien. “Beralih dari satu tugas ke tugas lainnya, justru memiliki konsekuensi biologis yaitu membuat kita merasa lelah jauh lebih cepat daripada dibandingkan jika kita memfokuskan diri terhadap satu hal, “ jelas ahli saraf perilaku Daniel Levitin dari McGill University.

Bukan hanya menyebabkan kelelahan, tetapi hal ini juga dapat mengurangi produktivitas hingga 40% jika daripada hanya menyelesaikan satu tugas dan melanjutkan ke tugas berikutnya. Ternyata peralihan tugas secara terus menerus itu menghabiskan glukosa beroksigen di otak, membuat kita lebih lelah dan kurang mampu melakukan tugas-tugas besar yang perlu dilakukan. Otak menggunakan glukosa sebagai ‘bahan bakar’ untuk melakukan semua aktivitas selulernya dan ketika glukosa beroksigen itu habis, maka akan menghambat komunikasi saraf.

Mengapa ‘ketagihan’ multitasking?

Di sisi lain meskipun melelahkan, multitasking juga mampu membuat pelakunya merasa ketagihan yang diakibatkan karena kecanduan dopamin. Efeknya, otak semakin mudah terdistraksi oleh berbagai hal dan informasi yang kamu terima saat sedang multitasking berisiko masuk ke bagian otak yang salah dan tidakr tersimpan sebagaimana mestinya.

Daripada mengerjakan beberapa hal sekaligus (tanpa bisa menyelesaikan semuanya!), sebaiknya kamu fokus hanya pada satu hal saja. Jika jenuh, istirahatlah selama 15 menit dengan membaca buku, mendengarkan musik, atau mengudap camilan daripada mencoba menyelesaikan tugas lainnya. Setelah istirahat singkat, kamu akan kembali fokus. Namun jika tak ada waktu, cobalah untuk melihat ke luar jendela. Hal ini cukup menyegarkan dan jauh lebih baik daripada mengecek media sosial yang justru akan membuat fokusmu semakin terpecah.

Selain itu agar badan tidak mudah lelah dan lemas setelah multitasking, kamu juga bisa meningkatkan konsetrasi dan stamina tubuh dengan mengonsumsi suplemen tambahan yaitu hemaviton Stamina Plus. Kandungan Ginseng Extract, L-Glutamic Acid, Multivitamin dan Mineral di dalamnya mampu membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta menjaga stamina dan kesegaran tubuh. hemaviton Stamina Plus juga mengandung Vitamin C 150 mg yang penting untuk memelihara daya tahan tubuh dan antioksidan untuk meredam radikal bebas. Minumlah dua kapsul setiap hari agar stamina tubuh terjaga, pikiran tetap fokus seharian, sehingga tidak mudah lelah dan ngantuk!