Gaya Hidup Aktif dan Nutrisi yang Diperlukan Agar Tetap Sehat dan Awet Muda

Monday, 04 September 2023

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat membuat mereka pada akhirnya mulai tergerak untuk melakukan gaya hidup aktif. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga. Tak heran jika belakangan ini banyak orang mencoba berbagai jenis olahraga untuk menjaga tubuhnya agar tetap aktif dan sehat. Jika kamu juga tertarik untuk memulainya, yuk simak tipsnya berikut ini!

 

  1. Memperbaiki pola makan

Pernah dengar pepatah yang bilang ‘you are what you eat’? Yup, memang benar bahwa apa yang kita makan sangatlah berpengaruh pada kondisi tubuh saat ini. Jika selama ini kamu tergolong memiliki pola makan yang kurang sehat, maka jangan heran jika berat badan dan kondisi tubuh tidak dalam keadaan yang prima, sehingga jadi mudah lelah dan sakit.

 

Oleh karena itu, langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai gaya hidup aktif adalah dengan memperbaiki pola makan dengan baik. Perbanyak makanan yang mengandung nutrisi yang mengandung nutrisi yang seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kulit seperti:

 

  • Protein yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk kulit. Ini juga berperan dalam pembentukan antibodi yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Sumber protein yang bisa dikonsumsi antara lain daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.
  • Vitamin C sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C mendukung pembentukan kolagen yang penting untuk elastisitas kulit. Sumber makanan yang kaya akan vitamin C antara lain jeruk, stroberi, kiwi, tomat, paprika, dan brokoli.
  • Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan dan membantu melindungi kulit dari kerusakan oleh sinar UV. Ini juga dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Sumber: Kacang-kacangan, biji-bijian, minyak biji gandum, sayuran berdaun hijau, dan alpukat.
  • Vitamin A mendukung pertumbuhan dan peremajaan sel-sel kulit. Ini juga berkontribusi pada pembentukan kolagen dan menjaga elastisitas kulit. Sumber: Wortel, ubi jalar, bayam, brokoli, mangga, dan hati.
  • Asam lemak Omega-3 membantu menjaga kulit tetap lembap dan elastis. Ini juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan di dalam tubuh. Sumber: Ikan berlemak (seperti salmon, trout, sarden), biji chia, biji rami, dan kacang kenari.
  • Biotin (Vitamin H) yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Ini dapat membantu mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kekuatan kuku. Sumber: Telur, kacang almond, kacang kenari, kacang mete, dan pisang.
  • Zinc membantu dalam penyembuhan luka dan perbaikan sel-sel kulit. Ini juga memiliki peran dalam produksi kolagen. Sumber: Daging merah, unggas, kacang-kacangan, biji labu, dan produk susu.

 

  1. Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh

Alih-alih termakan tren olahraga yang banyak diminati teman, sebaiknya pilih jenis olahraga yang sesuai dengan tubuh kamu, ya. Sebab, memaksakan diri untuk ikut-ikutan tren olahraga tertentu justru dapat menyebabkan cedera pada tubuh hingga gangguan kesehatan lainnya.

 

Mengingat kamu adalah pemula, maka sebaiknya hindari olahraga dengan intensitas yang tinggi dan melibatkan gerakan melompat di dalamnya. Sebaliknya, pilih olahraga intensitas rendah dan tidak terlalu berat, seperti jalan cepat, jogging, bersepeda, berenang, pilates, atau yoga. Kamu juga bisa mencoba beberapa jenis olahraga yang lebih menantang lainnya, namun sebaiknya lakukan secara perlahan dan rasakan apakah olahraga tersebut cocok dengan kemampuan tubuhmu atau tidak. Jika tidak ada keluhan pada tubuh, maka kamu bisa melanjutkannya lagi.

 

  1. Mulai melakukan aktivitas fisik secara rutin

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan pemula adalah menerapkan gaya hidup aktif dan sehat dengan semangat menggebu namun hanya saat awal memulainya saja, setelah itu kembali malas untuk melanjutkannya. Untuk menghindari kemungkinan ini, kamu harus memantapkan niatnya. Tak perlu melakukannya selama berjam-jam, cukup 30 menit namun harus dilakukan secara rutin setidaknya tiga kali dalam seminggu. Agar lebih menyenangkan dan bersemangat saat olahraga, lakukan juga beberapa hal berikut ini.

  • Ajak teman, pasangan, atau anggota keluarga untuk olahraga bersama.
  • Membeli perlengkapan olahraga baru, mulai dari sepatu, baju, hingga aksesorisnya. Pastikan untuk menyesuaikannya dengan jenis olahraga yang dipilih agar dapat digunakan dengan nyaman, ya!
  • Berolahraga saat pagi atau sore hari untuk menghindari cuaca yang cukup panas.
  • Maksimalkan olahraga saat weekend.
  • Ciptakan kebiasaan yang menyenangkan setelah berolahraga, misalnya pergi ke coffee shop atau mencari sarapan favorit. Hal inilah yang membuatmu menjadi lebih bersemangat untuk olahraga.
  • Mengikuti berbagai event olahraga.
  • Cukup istirahat dan memenuhi kebutuhan air mineral dengan baik.

  

  1. Menghindari kebiasaan begadang

Selain pola makan dan aktivitas fisik, gaya hidup aktif juga harus didukung dengan waktu istirahat yang cukup. Bagi orang dewasa, waktu istirahat yang disarankan adalah sekitar enam hingga delapan jam setiap malamnya. Di waktu inilah tubuh akan melakukan regenerasi sel, sehingga kondisi tubuh tetap prima dan dapat beraktivitas dengan optimal. Oleh karena itu, hindari kebiasaan begadang untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, bermain games, atau sekadar scrolling media sosial, ya!

 

  1. Minum suplemen tambahan

Selain makanan bergizi, dukung juga gaya hidup aktif kamu dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral melalui suplemen tambahan bila perlu seperti hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar yang tersedia dalam kemasan ready to drink kaleng dan botol.

 

hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar menggunakan pemanis alami Stevia dengan kandungan gula dan kalori yang lebih rendah serta dilengkapi formula TOTAL CARE kombinasi dari beberapa kandungan seperti:

  • Buffered Vitamin C 1000mg  bersifat lebih tidak asam sehingga lebih nyaman di lambung
  • Vitamin D3 untuk bantu mengaktifkan fungsi sel imun yang berperan penting menjaga imunitas.
  • Zinc untuk membantu pembentukan antibodi dalam tubuh.

 

Dengan minum hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar, kamu bisa tetap menjaga daya tahan tubuh sambil menjaga konsumsi gula harian, deh. Pastikan untuk melengkapi persediaan hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar dengan membeli produknya di Indomaret, Alfamart & Alfamidi, atau di Tempo Store Official melalui marketplace kesayangan sekarang juga, ya!