Cara Menambah Energi Tubuh yang Aman di Masa Pandemi

Monday, 15 February 2021

Pandemi memaksa kita untuk menyesuaikan diri dengan berbagai hal baru. Namun satu hal yang perlu kita miliki apapun situasinya adalah energi yang optimal untuk menjalani hari. Sebab, bagaimanapun situasinya deretan pekerjaan kantor ataupun rumah tetap mengantre untuk diselesaikan. Nah, bagaimana cara menambah energi tubuh yang aman di masa pandemi? Simak tips berikut ini!

Cara Menambah Energi

  1. Olahraga

    Kegiatan satu ini hampir menjamin kamu akan tidur lebih nyenyak. Olahraga juga memberi sel tubuhmu lebih banyak energi untuk membakar dan mengedarkan oksigen. Dan berolahraga dapat meningkatkan kadar dopamin otak, yang membantu meningkatkan suasana hati.

  2. Kendalikan stres

    Situasi yang serba tak pasti seperti saat ini adalah hal yang tidak bisa kita kendalikan—dan entah kapan akan berakhir. Wajar jika kamu merasa stres. Namun penting juga untuk bisa mengendalikan stres tersebut karena emosi yang dipicu stres menghabiskan energi dalam jumlah besar. Berbicara dengan teman atau kerabat, bergabung dengan support group, atau bahkan meminta bantuan psikoterapis profesional dapat membantu meredakan stres. Terapi relaksasi seperti meditasi, self-hypnosis, yoga, dan tai chi juga merupakan alat yang efektif untuk mengurangi stres.

  3. Kurangi bebanmu

    Salah satu penyebab utama kelelahan adalah terlalu banyak bekerja. Bukan hanya urusan profesional, tetapi juga mencakup kewajiban keluarga dan sosial. Cobalah untuk mengurangi ekspektasi dan to-do-list harian kamu. Tetapkan prioritas dan kurangi hal-hal yang kurang penting. Pertimbangkan untuk meminta bantuan ekstra di tempat kerja, jika perlu.

  4. Hindari merokok

    Merokok sebenarnya menyedot energi kita dengan menyebabkan insomnia. Nikotin dalam tembakau adalah stimulan, sehingga mempercepat detak jantung, meningkatkan tekanan darah, dan menstimulasi aktivitas gelombang otak yang berhubungan dengan terjaga, sehingga lebih sulit untuk tertidur.

  5. Batasi waktu tidur

    Jika kamu merasa kurang tidur di malam hari, cobalah kurangi tidur. Nasihat ini mungkin terdengar aneh tetapi ternyata metode ini dapat membantu memperbaiki pola tidurmu agar lebih panjang dan nyenyak. Pertama, hindari tidur siang. Kemudian di malam pertama tidurlah dalam waktu 4 jam saja. Jika kamu merasa tidur nyenyak selama periode empat jam itu, tambahkan lagi 15–30 menit tidur malam berikutnya. Perlahan terus perlahan terus tambahkan waktu tidur pada malam-malam berikutnya hingga tubuhmu terlatih untuk tidur dalam durasi ideal.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Energi dalam Tubuh

  1. Makan untuk energi

    Makan makanan dengan indeks glikemik rendah (dimana gula diserap secara perlahan) dapat membantu Anda menghindari melambatnya energi yang biasanya terjadi setelah makan. Makanan dengan indeks glikemik rendah diantaranya biji-bijian, sayuran berserat tinggi, kacang-kacangan, dan minyak sehat seperti minyak zaitun. Secara umum, makanan tinggi karbohidrat memiliki indeks glikemik tertinggi. Protein dan lemak memiliki indeks glikemik yang mendekati nol.

  2. Minum air yang cukup

    Air adalah nutrisi yang terbukti meningkatkan kinerja tubuh. Jika tubuh Anda kekurangan cairan, salah satu tanda pertamanya adalah rasa lelah.

Nah itulah sederet cara menambah energi tubuh yang aman di masa pandemi. Lakukan secara konsisten agar energimu tetap terjaga. Kamu juga bisa kembalikan tenaga dengan minum hemaviton Energy Drink. Kandungan Ginseng Extract, Vitamin B Complex, dan Taurin di dalamnya sangat ampuh mengembalikan stamina tubuh, sehingga kamu bisa makin produktif menjalani hari.

Sumber: www.health.harvard.edu