Wah, Ini Dia 5 Kebiasaan yang Sering Menguras Gaji Kamu Setiap Bulan

Wednesday, 07 November 2018

Kamu pasti sering mendengar orang-orang yang mengeluh seputar gaji yang tak bisa bertahan lama, kehabisan uang saat tengah bulan, dan tidak bisa membeli barang favorit, kan? Fenomena ini biasanya dialami oleh pekerja, terutama yang hidup di daerah perkotaan di mana tuntutan kebutuhan hidupnya cukup tinggi. Kalau sudah begini, ujungnya mereka akan menyalahkan perusahaannya mengapa memberikan upah yang diharapkan.

Well, sesungguhnya mau seberapa besar upah kerja yang diterima oleh seseorang tidak akan pernah bisa memuaskan mereka selama orang tersebut tidak bisa mengontrol pengeluarannya sendiri. Bahkan, ada banyak kebiasaan buruk kita yang justru membuat pengeluaran jauh lebih besar daripada pemasukan setiap bulannya. Maka dari itu, yuk ubah beberapa kebiasaan kurang baik yang membuat gajimu terkuras dengan cepat berikut ini.

Jajan kopi kekinian

Tak bisa dipungkiri memang kalau saat ini minum kopi kemasan kekinian menjadi tren yang diikuti oleh banyak orang, terutama mereka yang sudah memiliki penghasilan sendiri. Apalagi sudah banyak sekali kopi kekinian yang bertebaran, yang dijual mulai dari 20 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah, bahkan lebih. Coba bayangkan kalau kamu membelinya setiap hari. Mungkin uang yang harus kamu keluarkan ini seharusnya bisa ditabung untuk keperluan yang lebih penting suatu saat nanti. Tak hanya rugi bandar, minum kopi dalam jumlah yang terlalu banyak juga kurang baik untuk kesehatan tubuhmu.

  • Sebaiknya:

Sesekali menikmati kopi kekinian memang tidak ada salahnya, namun sebaiknya tidak menjadikannya sebagai kebutuhan primer yang harus kamu penuhi. Kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah atau di kantor.

Delivery makanan

Rasa malas dan banyaknya pekerjaan terkadang membuat kamu harus memesan makanan dengan layanan delivery, apalagi sekarang semakin dipermudah dengan adanya ojek online yang siap mengantarkan makanan kapanpun kamu mau. Memang dalam hal ini kita jadi dipermudah, tapi tahukah kamu bahwa kadang justru biaya kirimnya jauh lebih mahal daripada makanan yang kita pesan? Dengan begini, kita jadi harus bayar dua kali lipat, deh. Kalau kamu melakukannya setiap hari, jangan heran kalau gajimu terkuras dalam waktu yang cepat tanpa jejak.

  • Sebaiknya:

Lawan rasa malas, luangkan waktu, dan keluarkan kemampuan memasak kamu, sehingga kamu bisa memasak sendiri bekal untuk makan di kantor. Kalau tidak bisa memasak, jangan kecil hati. Masih ada banyak warung makan yang menawarkan nasi dan menu yang terjangkau. Tak perlu menu mewah, yang penting kebutuhan nutrisi terpenuhi dalam piringmu.

Belanja di online shop

Biasanya kalau yang satu ini banyak dialami oleh kaum wanita sebagai impulsive buyer, di mana mereka kurang bisa menahan nafsu untuk belanja keperluan pribadi seperti baju, tas, sepatu, dan produk kecantikan yang tentunya dijual dengan harga yang tidak murah. Tapi bukan berarti kalau priajuga mengalami hal yang sama,lho. Banyak juga pria yang hobi belanja barang mahal, biasanya yang terkait dengan hobinya. Kebiasaan inilah yang seringkali menguras gaji dengan cepatnya.

  • Sebaiknya:

Meski belanja barang favorit bukanlah hal yang salah, namun ingatlah bahwa kamu tetap bisa hidup meski tanpa tas, baju, dan sepatu baru, kok. Mulailah untuk belajar membedakan mana kebutuhan dan mana yang hanya sebatas lapar mata saja. Dengan begini, kamu bisa menyimpan gaji untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Ojek online

Kemunculan ojek online memang mempermudah banyak orang dalam melakukan banyak hal, terutama dalam hal transportasi. Namun, jangan sampai ketergantungan pada ojek online jika tidak ingin pengeluaran membengkak setiap bulannya. Manfaatkanlah ojek online ini saat kamu sedang benar-benar membutuhkannya, ya!

  • Sebaiknya:

Cobalah untuk memanfaatkan transportasi umum seperti bus kota, Transjakarta, metromini, angkot, atau transportasi konvensional lainnya untuk menghemat pengeluaran. Usahakan untuk bangun lebih pagi atau bersiap beberapa jam sebelumnya untuk efisiensi waktu.

Nongkrong bersama teman

Coba ingat-ingat lagi, berapa kali kamu nongkrong bersama teman dan berapa uang yang harus kamu keluarkan saat itu? Biasanya, secara tidak sadar seseorang akan mengeluarkan lebih banyak uang tanpa pikir panjang untuk membeli sesuatu saat berkumpul bersama temannya (impulsive), terutama makanan dan minuman.

  • Sebaiknya:

Tak selamanya kumpul bersama teman harus dilakukan di kafe atau mall. Kamu bisa kok menghabiskan waktu di rumah dan bersantai bersama mereka dengan melakukan berbagai hal seru seperti nonton film atau sekedar ngobrol saja. Kamu bisa menyiapkan sendiri camilan di rumah yang tentunya akan lebih menghemat pengeluaran. Sesekali pergi ke kafe boleh saja, namun pastikan bahwa tidak melampaui budget yang kamu tentukan, ya. Kalau perlu, makan dulu sebelum kumpul bersama teman, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli makanan nantinya.

Dari beberapa kebiasaan di atas, mana yang sering kamu lakukan? Tak ada kata terlambat untuk mulai mengurangi kebiasaan buruk yang bisa menguras gajimu setiap bulannya. Bahkan, akan lebih baik lagi jika kamu mulai memikirkan peluang bisnis yang bisa kamu geluti mulai saat ini. Selain penghasilan utama dari pekerjaan, kamu juga bisa dapat penghasilan tambahan, kan?

Untuk itu, jaga selalu stamina agar selalu semangat bekerja dan mencari penghasilan tambahan dengan memenuhi kebutuhan vitamin untuk tubuh dengan mengonsumsi hemaviton Energy secara rutin. Kandungan Ginseng Extract, Taurine & Multivitamin membuat kita selalu tetap segar dan tetap berenergi. Good luck!