Tips Berolahraga Selama Bulan Puasa

Thursday, 08 June 2017

Aktivitas fisik di bulan Ramadhan biasanya memang otomatis berkurang. Namun itu tak berarti kamu jadi bermalas-malasan saja. Olahraga tetap diperlukan agar stamina dan metabolisme tubuh tetap terjaga. Tidak perlu takut kelelahan dan batal puasa kok, dengan tip berikut, kamu bisa tetap lancar berpuasa tanpa meninggalkan rutinitas olahraga.

Sebenarnya tidak ada larangan melakukan olahraga saat puasa. Baik di pagi hari, menjelang berbuka, atau di tengah hari sekalipun. Meskipun mungkin waktu terbaik adalah saat ngabuburit. Sebab, selain membuat tubuh terasa segar kamu juga tidak perlu menunggu lama hingga saatnya berbuka nanti. Tetapi jika ingin berolahraga di waktu yang lain pun tidak masalah, asalkan tidak dilakukan di tempat yang panas apalagi terpapar langsung dengan sinar matahari karena dapat membuat kamu dehidrasi. Berolahraga di dalam ruangan yang sejuk lebih dianjurkan.

Jangan lakukan olahraga yang terlalu berat dan banyak berlari seperti sepak bola atau basket. Pilih olahraga dengan intensitas sedang seperti treadmill, jogging, atau bersepeda santai. Olahraga tersebut bisa menyehatkan tubuh sekaligus menyenangkan, tetapi tidak terlalu menghabiskan tenaga. Lakukan hanya setengah dari lama waktu Kamu berolahraga di luar bulan Ramadhan. Jika kamu biasa berolahraga 60 menit, maka lakukan 30 menit saja. Jangan terlalu memaksakan diri. Ingat tujuan olahraga selama Ramadhan bukanlah membentuk tubuh dan menurunkan berat badan, namun sebatas menjaga tubuh tetap bugar. Olahraga renang juga tidak dianjurkan karena berisiko menelan air dan membatalkan puasa.