Mengapa Capek Nggak Hilang Walaupun Sudah Istirahat

Monday, 15 January 2018

Istirahat sudah cukup, tapi tubuh masih terasa berat, capek, dan sepertinya ogah buat bergerak. Apakah kamu pernah mengalami yang seperti ini? Ganggu banget ya! Hati-hati, ini bisa berimbas bikin kerjaan kita terbengkalai! Ayo segera kenali penyebabnya agar gangguan ini cepat tuntas. Salah satu faktor berikut mungkin merupakan sumber rasa capek kamu :

Sakit
Dr.Anthony Komaroff, profesor dari Harvard Medical School menyatakan rasa capek yang berkepanjangan tanpa sebab yang jelas bisa jadi merupakan pertanda masalah yang lebih serius. Misalnya saja penyakit Anemia yang sering disebut sebagai ‘kurang darah’. Anemia yang disebabkan kurang zat besi bisa menimbulkan efek yang berat seperti nyeri dada, pusing, rasa sesak napas, dan jantung berdebar. Selain anemia, ada juga penyakit seperti diabetes, depresi, hipotiroid, hingga peradangan pada jantung yang gejalanya berupa kecapekan. Segera hubungi dokter bila kamu merasa perlu ya!

Istirahat tidak berkualitas
Salah satu alasan tidur gak berhasil mengurangi rasa capek bisa jadi akibat tidur kamu kurang nyenyak alias gak berkualitas. Usahakan kebiasaan tidur yang baik dengan cara tidur tak kurang dari 6 jam sehari, dengan rentang terbaik antara 7-9 jam sehari sesuai anjuran dari National Sleep Foundation (US), dengan pola yang konsisten pada jam yang sama setiap hari. Kamu juga bisa coba mengatur jeda makan agar tidak terlalu dekat dengan jam tidur malam supaya tubuhmu bisa istirahat dengan optimal.

Stres dan banyak pikiran
Masalah psikis seperti stres dan banyak pikiran bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Menurut dr. Phaidon L. Toruan, MM dalam bukunya “Fat-loss Not Weight-loss; Gemuk tapi Ramping”, peningkatan kadar kortisol ini bisa membuat fisikmu pun ikut-ikutan terasa lemas. Sebaliknya, seperti yang dilansir dari meetdoctor.com, jika stres ini berkepanjangan, kadar hormon kortisol bisa menurun sehingga otak dan tubuh jadi letih. Intinya, jika kamu lagi galau dengan berbagai problem pribadi, sebisa mungkin carilah hiburan terutama yang lucu-lucu agar terhindar dari stres!

Asupan gizi tidak seimbang
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, asupan zat besi yang kurang bisa menyebabkan anemia dan bisa bikin kamu terus-terusan merasa kecapekan. Seperti dilansir dari lifestyle.kompas.com, selain zat besi, penyebab umum kecapekan lainnya yakni kekurangan magnesium, kalium, Vitamin B12, dan asam folat. Hal ini bisa terjadi jika kamu biasa makan minim variasi lauk, kurang sayuran hijau, atau lagi diet ketat! Hati-hati, kurangnya vitamin dan mineral ini bisa menyebabkan kerusakan permanen di otak!

Di saat tubuh perlu kerja keras, atau beraktivitas yang nguras tenaga, jangan sampai kamu malah loyo ya Sobat! Biar tubuh kembali segar dan penuh stamina lagi, jangan lupa minum segelas hemaviton Jreng yang diperkaya Taurine untuk nyegerin tubuh, Ginseng extract untuk menambah stamina, dan Vitamin B, termasuk vitamin B12 yang penting banget buat ngusir capek! Kini juga diperkaya dengan Madu yang sudah dipercaya turun temurun sebagai sumber energi alami untuk menambah tenaga.

Kini juga diperkaya dengan Madu yang sudah dipercaya turun temurun sebagai sumber energi alami untuk menambah tenaga

Related Article

ACTIVE

Usia Masih Muda Tetapi Badan Gampang Capek? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Berada di usia muda, seharusnya jadi masa-masa terbaik dalam hidupmu. Di masa inilah kamu bisa melakukan...

SELENGKAPNYA