Ini Profesi dengan Mobilitas Tinggi

Monday, 07 December 2015

Berkesempatan berkunjung ke tempat-tempat asyik karena pekerjaan? Sungguh merupakan "dream job" ya! Apalagi untuk kamu yang hobi jalan-jalan. Sambil melakukan hobi, digaji pula. Penasaran apa saja profesi yang bisa membawamu ke berbagai tempat tanpa menguras kocek pribadi? Silakan cek profesi berikut ini:

1. Flight Attendant
Menjadi seorang flight attendant (pramugari/ pramugara) yang tak lain adalah "tuan rumah" sebuah penerbangan, menuntut  kamu tidak hanya bersikap ramah dan penuh senyum, tetapi juga harus siap menolong penumpang dalam keadaan darurat. Untuk itu sejak dari masa training, kamu mesti serius ya. Hindari menyerah di tengah masa kontrak kerja, karena kamu bisa diganjar penalti yang cukup berat.

2. Pilot
Selain menerbangkan pesawat komersil seperti yang kita kenal pada umumnya, ada juga lho pilot pesawat pribadi. Sebagai pilot pesawat pribadi kamu bisa lebih bebas terbang tanpa terikat jadwal maskapai komersil. Serunya lagi cuma kalangan tertentu yang bisa naik pesawat seperti ini. Hmm siapa tahu artis idola atau pengusaha ternama yang jadi penumpangmu!

3. Fotografer
Kamu jago mengabadikan keindahan di sekitarmu? Mungkin saja kamu berbakat jadi fotografer. Hasil jepretanmu bisa dijual ke media, ke situs stok foto online, atau dicetak sebagai karya seni bernilai tinggi lho! Mobilitasmu akan sangat tinggi sebagai fotografer. Seorang jurnalis foto bisa ditugaskan memburu foto sampai ke berbagai belahan dunia, mulai mengabadikan peristiwa penting yang melibatkan pemimpin dunia hingga mengambil gambar-gambar cantik untuk liputan wisata. Selain itu ada juga fotografer pernikahan. Kamu bisa ketularan bahagianya klien, apalagi kalau diminta mengabadikan kemesraan mereka dalam sesi pre-wedding photo di tempat-tempat cantik! Tertarik jadi fotografer profesional? Ini tipsnya.

4. Wartawan
Tak diragukan lagi, menjadi wartawan membuatmu harus selalu siap dikirim meliput berita di berbagai daerah. Buat kamu yang suka menulis dan mengidamkan petualangan baru setiap hari, profesi ini wajib dipertimbangkan!

5. Travel writer
Kamu penggila traveling plus sosial media? Rekam pengalamanmu saat traveling dalam blog, foto Instagram, vlog di Youtube, atau di sosial media lainnya. Sajikan kontenmu semenarik mungkin, agar semakin ramai dikunjungi orang. Jika tulisan kamu berkualitas, tak tertutup kemungkinan kamu bisa mengikuti jejak Trinity, cewek Indonesia penulis seri buku bestseller Naked Traveler. Saat reputasimu sudah mumpuni, tak jarang kamu akan ditawari liburan gratis lho! Hotel berbintang, restoran ternama, maskapai penerbangan, atau pelaku bisnis wisata lainnya akan ramai-ramai mendekatimu dengan penawaran fantastis. Kok bisa? Tak lain, tak bukan, yaitu agar mereka tampil dengan status "recommended" dalam konten buatanmu!

6. Diplomat
Pekerjaan ini banyak diincar orang, lantaran gajinya besar dan masa depannya terjamin. Seorang diplomat dapat menikmati hidup di berbagai negara dalam masa tugasnya. Seleksi untuk jadi anggota korps diplomat di Indonesia amatlah ketat. Jika kamu tertarik menjadi diplomat, bekali dirimu dengan mengerti tugas dan tanggung jawab diplomat, teknik-teknik diplomasi, komunikasi, dan psikologi, serta harus bisa menguasai situasi dan fasih berbahasa asing.

7. Peneliti
Bumi Indonesia yang kaya akan keanekaragaman hayati menyimpan peluang yang besar untuk penelitian dalam bidang bio-ekologi. Warisan budaya yang majemuk pun jadi sumber penelitian para arkeolog, antropolog, hingga sosiolog. Sayangnya sampai kini profesi ini termasuk langka di Indonesia. Tercatat hanya terdapat tak lebih dari 10.000 peneliti. Jika kamu punya misi mulia memajukan dunia riset dalam negeri, bergabung jadi peneliti yuk!

8. Pemandu Wisata
Profesi ini umum dilakoni mereka yang fasih berbahasa asing, dan menguasai detail atau sejarah di balik tujuan-tujuan wisata populer. Kamu bisa melamar di biro perjalanan sebagai pemandu tetap ataupun lepas. Beberapa biro perjalanan mensyaratkan pelamarnya sudah memiliki lisensi wisata yang diterbitkan dari Dinas Pariwisata. Asyiknya jadi pemandu wisata : bekerja di tempat-tempat paling menarik di dunia sambil berkenalan dan berbagi informasi dengan banyak orang!

Untuk melakukan profesi dengan mobilitas tinggi di atas, tentunya kamu butuh ditunjang kondisi fisik yang baik. Jangan lupa bawa terus hemaviton Action yang dapat menjaga tubuhmu tetap energik, tidak gampang capek, dan tentunya selalu siap action!  

Foto: Shutterstock