Ini Modal untuk Jadi Fotografer Profesional

Friday, 18 September 2015

Jalan sambil menenteng kamera yang mahal dan canggih memang bisa memberikan rasa kepercayaan diri dan sensasi yang berbeda. Tapi untuk menjadi seorang fotografer professional tidak cukup dengan kamera canggih saja, kamu juga harus memiliki skill yang keren.  Berikut beberapa modal yang harus kamu miliki untuk menjadi fotografer profesional

1. Technology Friendly
Meski masih banyak yang lebih menyukai teknik foto konvensional tidak ada salahnya mempelajari perkembangan teknologi di bidang fotografi, kuasai software yang diperlukan untuk editing dan sebagainya. Tidak perlu mahal yang penting sesuai kebutuhan dan ketertarikan kamu. 

2. Mata yang Terlatih
Buka mata dan pikiran untuk melihat objek menarik. Seorang fotografer memiliki mata yang lebih jeli dan peka membaca peristiwa di sekitarnya. Angkat dagumu dari ponsel ya dan mulailah perhatikan sekitarmu.

3. Kreatif
Latih kreativitasmu dalam mengambil objek foto. Ketahui pencahayaan yang tepat, setting background yang mendukung, dan teknik fokus yang baik agar orang bisa menikmati fotomu dan dapat membaca pesan yang ingin kamu sampaikan. 

4. Portofolio
Pengalaman adalah guru terbaik. Mulailah mengumpulkan hasil jepretan terbaik kamu. Jangan ragu untuk terjun langsung melakukan magang. Bagaimana pun terjun ke dunia kerja sebenarnya akan berbeda dari hunting foto sendirian. Kamu akan belajar bagaimana berhubungan dengan pihak ketiga atau klien sekaligus menjalin networking.

5. Mental yang tangguh
Menjadi fotografer profesional membutuhkan mental yang tangguh. Kamu harus dapat menemukan cara bagaimana agar model anak-anak bisa tenang dan relaks di depan kamera, atau bagaimana membuat seseorang yang kaku menjadi nyaman untuk berpose. Sesi pemotretan juga biasanya berlangsung lama dan kamu harus berhadapan dengan banyak pihak yang mungkin akan menguji kesabaran kamu.

6. Fisik yang Prima
Seorang jurnalis foto harus selalu siap diterjunkan di mana saja dalam kondisi apa saja. Demonstrasi yang rusuh, evakuasi bencana, atau bahkan peperangan. Bekerja di lapangan dengan mobilitas tinggi memerlukan fisik yang prima. Siapkan fisik kamu dengan rajin berolahraga dan konsumsi makanan sehat. Jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisi harianmu dengan mengonsumsi multivitamin secara rutin. Minum hemaviton Action yang mengandung Ginseng Extract untuk meningkatkan stamina dan kebugaran. Selain itu kandungan Creatine di dalamnya juga dapat membantu tubuh untuk selalu berenergi, sehingga tubuh akan selalu segar, aktif, dan energik setiap hari.

Foto: Shutterstock