Ini Langkah agar Usaha Warung Kamu Sukses!

Wednesday, 26 July 2017

Berpikir untuk bikin usaha sendiri? Mungkin membuka warung bisa jadi pilihan yang cocok untukmu. Usaha satu ini terbilang cukup mudah dan menguntungkan. Sebab produk yang dijual di warung umumnya adalah kebutuhan sehari-hari sehingga hampir semua orang bisa menjadi target pasar usahamu. Meskipun begitu, kamu juga harus punya strategi untuk memulai usaha ini agar bisa jadi sumber pemasukan yang menguntungkan. Simak tips berikut ini ya!

Tentukan jenis warung
Pertama-tama tentukan dulu jenis usaha warung yang ingin kamu bangun. Apakah warung kecil penjual minuman, permen, dan makanan kecil yang banyak tersebar di pinggir jalan raya? Warung kopi yang menjual menu-menu makanan ringan seperti mi instan dan roti bakar? Atau justru warung sembako yang menjual kebutuhan pokok seperti beras, gula, dan lainnya? Coba deh pikirkan jenis warung yang paling sesuai dengan kesanggupanmu. Baik dari segi Modal Usaha, tenaga kerja, dan cocok dengan lingkungan sekitarmu.

Warung penjual minuman di pinggir jalan membutuhkan modal yang lebih kecil dibandingkan warung kopi ataupun sembako. Kamu juga bisa mengelolanya sendiri karena barang yang dijual relatif tidak terlalu banyak macamnya. Namun tentunya untung yang didapat kemungkinan juga lebih kecil. Warung kopi cukup banyak dicari orang, khususnya jika kamu membuka usaha ini di sekitar daerah perkantoran, terminal bus, atau area ramai lainnya. Akan tetapi kamu membutuhkan bantuan orang lain dalam menjalankannya, karena harus bisa memasak makanan dalam waktu cepat. Kamu juga perlu membeli peralatan masak, meja, dan kursi untuk operasional warung. Sedangkan warung sembako juga membutuhkan modal yang cukup besar karena semakin lengkap warung sembako, biasanya orang semakin nyaman untuk berbelanja di sana.

Cari supplier termurah
Setiap pedagang pastinya ingin mendapatkan untung besar dengan Modal yang kecil. Nah kalau kamu juga mau, rajin-rajin deh mencari supplier yang bisa ngasih harga lebih murah. Walaupun jika dilihat secara satunya beda harganya hanya beberapa ratus hingga seribuan rupiah, namun bayangkan kalau kamu membeli stock barang dalam jumlah besar. Wah, jadi lumayan banget kan selisihnya? Kamu bisa hunting produk di toko grosir ataupun membeli langsung dari produsen. Biasanya sih harga yg produsen berikan lebih murah, tetapi ada batasan minimal pembelian. Semakin murah harga beli yang kamu dapatkan, kamu bisa dapat keuntungan lebih banyak dengan harga bersaing.

Tambahkan keunikan
Walaupun barang yang dijual masing-masing warung hampir sama, tetapi kamu harus tetap punya unique selling point untuk warungmu. Misalnya kamu memiliki warung sembako dengan varian produk terlengkap dan menyediakan layanan antar barang. Warung kopi yang buka selama 24 jam, atau warung minuman yang juga menjual bahan bakar kendaraan bermotor. Lihat kebutuhan pasar dan cobalah jadikan itu sebagai kelebihan dari usahamu.

Display yang rapi
Meskipun warungmu tidak besar, coba deh usahakan agar ditata dengan serapi mungkin. Display yang rapi akan menumbuhkan rasa nyaman pada konsumen dan mendorong mereka berbelanja lebih banyak karena mudah menemukan barang yang dicari. Jika kamu membuka warung kopi, jaga terus kebersihan warungmu yaa. Sebab lantai dan meja yang kotor, serangga, dan juga ruang memasak yang jorok akan membuat konsumen enggan kembali lagi ke warungmu.

Satu hal yang tak kalah penting 4 poin di atas, adalah pelayanan yang ramah dari kamu. Memang sih, mengelola warung setiap hari bisa menimbulkan rasa lelah, tetapi jika tubuhmu terus berenergi, kamu akan bisa bersikap lebih ramah dan positif saat melayani para pembeli. Nah, karena itu jaga stamina dan energimu dengan hemaviton Jreng. Minuman bernergi berbentuk serbuk yang bisa mengembalikan energimu meskipun habis bekerja seharian. Selain komposisi multivitamin, taurine dan ginseng, kini hemaviton Jreng juga dilengkapi dengan madu yang dikenal sebagai sumber energi alami untuk menambah stamina. Yuk, mulai usahamu sesegera mungkin!