Cara Menjaga Stamina dan Kesegaran untuk Kamu yang Sering Dapat Shift Malam

Monday, 22 July 2019

Meski pada umumnya kebanyakan orang mulai beraktivitas dan menuju tempat kerja di pagi hari, namun ternyata tak jarang pula yang justru baru mulai bekerja di malam hari hingga pagi menjelang. Tidak hanya dituntut untuk bisa menjaga rasa kantuk, sering mendapat shift malam hari juga membuat kita harus lebih rajin lagi dalam menjaga stamina agar tetap bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik setiap harinya. Jika kamu adalah salah satunya, yuk simak beberapa cara berikut ini untuk menjaga stamina dan kesegaran agar shift malam berjalan dengan lancar

Istirahat Cukup

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan tentunya adalah dengan memaksimalkan waktu istirahat, yaitu tidur selama 6-8 jam setelah menyelesaikan shift malam. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan saat mendapatkan istirahat yang cukup, diantaranya mengurangi risiko penyakit kronis (ginjal, jantung, stroke), meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan suasana hati, dan tentunya meningkatkan stamina yang akan membuatmu tetap produktif saat beraktivitas.

Power Nap

Tak hanya istirahat cukup, kamu juga bisa menikmati indahnya power nap selama 20-30 menit di sore hari sebelum mulai berangkat kerja. Meski terbilang sebentar, namun power nap ini juga mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah untuk relaksasi, mengurangi rasa lelah, meningkatkan mood, dan memulihkan tenaga terutama setelah menyelesaikan shift malam.

Olahraga

Memiliki banyak waktu luang saat pagi menjelang petang bisa menjadi satu keuntungan besar buat kamu yang sering mendapat shift malam. Pasalnya, di waktu inilah kamu bisa memaksimalkan waktu istirahat, berkumpul dengan keluarga, dan juga berolahraga sebelum berangkat beraktivitas. Kamu bisa nih meluangkan waktu kurang lebih 30 menit setelah power nap untuk berolahraga ringan, seperti berenang, jogging, atau dengan melakukan rangkaian gerakan High Intensity Interval Training (HIIT) untuk melatih kekuatan kardiovaskular.

Memperhatikan Asupan Makanan

Hal lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah memerhatikan asupan makanan setiap harinya, terutama sebelum berangkat bekerja. Hindari makan makanan yang terlalu berlemak atau dengan porsi besar, karena hal ini akan membuatmu cepat mengantuk sehingga mengurangi produktivitas selama melaksanakan shift malam. Sebaliknya, cobalah pilih menu makanan yang kaya akan nutrisi terutama sumber energi seperti telur, daging, sayur, dan juga buah-buahan. Selain mengenyangkan, beberapa makanan ini juga mampu menjaga kesehatan tubuhmu.

Minum Suplemen Tambahan

Banyaknya pekerjaan, angin malam, dan juga kebiasaan terpapar AC di tempat bekerja tentunya akan sangat berpengaruh pada kondisi tubuh. Tak cukup hanya dengan makan makanan bergizi dan olahraga teratur, cara menjaga stamina dan kesegaran untuk kamu yang sering mendapat shift malam adalah dengan mengonsumsi suplemen tambahan seperti hemaviton Action satu kali sehari. Kombinasi Ginseng Extract, Creatine, Multivitamin dan Mineral penting di dalamnya dipercaya mampu membantu proses metabolisme tubuh untuk meningkatkan stamina tubuh dan menjaga kesegaran agar tetap semangat beraktivitas sepanjang hari, terutama saat mendapatkan shift malam.

Minum hemaviton Action setiap hari, bikin shift malam tak terasa kelam!