5 Cara Agar Tidak Mudah Capek saat Touring Motor

Monday, 19 August 2019

Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk mengusir rasa penat akibat padatnya aktivitas dan tugas di tempat kerja. Salah satu kegiatan yang paling sering dipilih adalah touring motor ke beberapa destinasi yang menarik, namun biasanya memakan waktu dan perjalanan yang cukup panjang. Jika kamu adalah salah satu orang yang sedang merencanakan perjalanan ini, yuk simak beberapa cara menjaga stamina dan kesegaran agar tidak mudah capek saat touring motor bersama teman berikut ini.

Istirahat Cukup

Sebelum touring, ada baiknya untuk meluangkan waktu seharian untuk beristirahat dan olahraga ringan. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk membebaskan diri dari segala macam urusan pekerjaan dan lebih fokus untuk mempersiapkan stamina untuk berkendara dalam waktu dan jarak yang cukup panjang. Hal yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah menghindari begadang di malam hari. Umumnya, waktu tidur yang disarankan untuk orang dewasa adalah selama 6-8 jam setiap malamnya agar dapat kembali beraktivitas dengan baik keesokan harinya, meningkatkan fokus, menjaga daya tahan tubuh, dan juga mampu mengurangi risiko penyakit kronis.

Jangan Lewatkan Sarapan

Hingga saat ini, masih banyak orang yang melewatkan sarapan dengan alasan sedang buru-buru atau hanya karena tidak terbiasa makan di pagi hari. Padahal, sarapan merupakan sumber energi yang akan menentukan bagaimana seseorang memulai aktivitas setiap harinya, apalagi jika kamu akan melakukan perjalanan panjang. Untuk menunya sendiri pun sebaiknya diatur sebaik mungkin, paling tidak makanan yang kamu konsumsi saat sarapan mengandung kombinasi karbohidrat, serat, protein, dan sedikit lemak di dalamnya.

Misalnya saja untuk menu sarapan sebelum touring motor, kamu bisa mengonsumsi nasi goreng, telur, dan sayuran atau bisa juga dengan bubur ayam dan pisang yang akan membuatmu merasa kenyang dalam waktu yang lama dan kuat untuk melakukan perjalanan panjang.

Pakai Pakaian yang Nyaman

Pemilihan pakaian juga sangat menentukan mood dan stamina selama perjalanan nanti. Berhubung saat touring nanti kamu akan menempuh perjalanan yang cukup panjang, maka ada baiknya untuk memilih pakaian atau kaus yang menyerap keringat dan nyaman di badan. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa kamu sudah memenuhi standar safety riding, mulai dari helm, jaket, sepatu, pelindung lutut, sarung tangan, kacamata, dan juga masker wajah atau buff.

Atur Waktu Berkendara

Cara menjaga stamina dan kesegaran selanjutnya yang juga harus kamu persiapkan dengan baik sebelum touring adalah pembagian waktu untuk berkendara dan istirahat selama di jalan yang bisa kamu diskusikan lebih lanjut dengan anggota rombongan. Misalnya dengan membuat perjanjian untuk beristirahat setelah berkendara selama 3 jam. Di waktu istirahat ini, kamu bisa mengisi tenaga dengan makan, power nap, melakukan gerakan peregangan sambil menikmati keadaan sekitar sambil berbincang dengan teman, atau mengecek kendaraan agar tetap prima sampai touring selesai.

Minum Vitamin

Untuk membantu meningkatkan stamina dan kesegaran selama touring berlangsung, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen dan multivitamin tambahan seperti hemaviton Action dengan kandungan kombinasi Ginseng Extract, Creatine, Multivitamin dan Mineral penting di dalamnya yang dipercaya mampu membantu proses metabolisme tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum hemaviton Action satu kali dalam sehari selama touring agar badan tetap fit menghadapi jalanan yang cukup membuat energi terkuras dengan cepat. Dengan begini, stamina tetap terjaga, sehingga tubuh tidak mudah lelah dan bisa menyelesaikan rangkaian touring dengan sukses.